5 Doa Untuk Anak Di Dalam Al Qur’an

Doa untuk Anak, Al Qur'an
Spread the love
3 menit untuk membaca

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya menjadi anak yang shaleh? Kami pun sebagai orang tua selalu mendoakan anak-anak kami agar menjadi anak yang sholeh/sholeha.

Dalam sejumlah hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, bahwa doa orang tua untuk anaknya adalah doa yang dikabulkan atau doa yang mustajab.

5 Doa Untuk Anak Di Dalam Al Qur'an 1

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.”

Oleh karenanya janganlah berhenti melantunkan doa-doa untuk anak kita. Karena kita tidak pernah tahu diantara ratusan atau ribuan atau malah jutaan doa yang kita lantunkan, mana yang lebih cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Doakan yang baik-baik untuk anak kita, jangan sampai kita mendoakan yang jelek untuk mereka. Apalagi ketika emosi sedang memuncak atau marah.

Sabar dalam menghadapi si kecil.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya:
“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS Al-Mu’min:60)

Doa Untuk Anak di dalam Al-Qur’an

Allah Subahanahu wa Ta’ala sudah mengajarkan lafadz doa untuk anak kita di dalam kitab suci Al-Qur’an. Berikut adalah 4 di antaranya.

1. Doa Nabi Ibrahim Alaihis Salam Meminta Anak Keturunannya Tetap Mendirikan Sholat.

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam, memohon kepada Allah Subhana wa Ta’ala agar Nabi Ibrahim Alaihis Salam beserta anak keturunannya senantiasa menegakkan sholat.

Rabbij ‘alni muqiimas sholati wa min dzurriyati, rabbana wa taqabbal du’a.

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. 
(QS. ‘Ibrahim 14 : 40)

Shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Jangan lupa selalu memanjatkan doa ini untuk anak kita, agar kita termasuk orang yang selalu mendirikan shalat.

2. Doa Nabi Ibrahim Alaihis Salam Meminta Anak Sholeh

Satu lagi doa dari Nabi Ibrahim Alaihis Salam yang dipanjatkan untuk anaknya. Doa kali ini memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar dikaruniakan anak yang shaleh.

Rabbi hablii minash shoolihiin.

“Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh,”
(Q.S. Ash-Shaffaat: 100).

3. Doa Nabi Zakaria Alaihis Salam Meminta Anak Yang Baik

Nabi Zakaria Alaihis Salam sampai usia lanjutnya belum dikaruniai seorang anak pun, dan keadaan istrinya adalah seorang yang mandul. Dalam kekhawatirannya Nabi Zakaria Alaihis Salam pun memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar dikaruniai seorang anak.

Rabbi hablii milladunka dzurriyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’a

“Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa,”
(Q.S. Ali Imron: 38).

Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan doanya dengan menganugerahi seorang anak, Nabi Yahya Alaihis Salam yang menjadi penerus dakwahnya.

4. Doa Memohon Kebaikan Untuk Anak dan Istri

Hamba-hamba Allah Subhana Wa Ta’ala yang berdoa:

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa.

“Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,”
(Q.S. al-Furqon: 74).

Baca Juga :
Doa Ketika Dililit Hutang
Aqiqah Bagi Anak Laki-Laki

4. Doa Untuk Dijauhkan Dari Menyembah Berhala

Satu lagi doa dari Nabi Ibrahim Alaihis Salam yang dipanjatkan ketika meninggalkan Nabi Ismail Alaihis Salam dan ibunya Siti Hajar di lembah Mekah,

Rabbij’al hazal-balada aminaw wajnubni wa baniyya an na’budal-asnam

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)

Yuks kita mulai mendoakan anak-anak kita agar menjadi anak-anak yang sholeh/sholeha, baik dan selalu menegakkan sholat lima waktu. Dan perbanyaklah doa di waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa.

(Q.S. al-Furqon: 74).

Semoga Allah Subhana wa Ta’ala memperkenankan doa-doa kita sebagai orang tua yang berisi kebaikan untuk anak-anak kita. Semoga anak-anak kita selal berada dalam kebaikan dan selalu dibimbing Allah Subhana wa Ta’ala di jalan lurus-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *