6 Video Editor Gratis Untuk Windows

6 Video Editor Gratis Untuk Windows

Saat ini video editor versi gratis untuk sistem operasiwindows banyak tersedia. Mungkin karena semakin banyak orang yang ingin menjadi youtuber.

Walau gratis, beberapa software sudah memiliki fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk membuat video yang bagus.

Tidak kalah bagusnya dengan software yang berbayar.

Selain kemampuan dasar untuk video editing seperti memotong video, menambahkan teks, dan menambahkan soundtrack. Video editor ini juga dilengkapi kemampuan untuk eksport hasilnya ke berbagai macam video format dengan beragam resolusi video. Dan tentu saja dapat langsung di upload secara online, seperti ke Youtube.

 Tetapi tidak semua video editor gratis ini memiliki kemampuan yang sama. Namanya saja aplikasi/software gratis, ada beberapa fitur yang tidak dapat di akses. Kecuali kita melakukan upgrade ke versi pro.

Davinci Resolve

Davinci Resolve lebih dulu dikenal dengan kemampuannya dalam color grading dan color correction, sebelum akhirnya menambahkan fasilitas video editing. Untuk versi gratisnya biasa dikenal dengan Davinci Resolve Lite dan tersedia untuk OS Linux, Windows, Mac.

Davinci Resolve Lite sudah mendukung color correction, profesional editing, mulai dari video dengan resolusi SD, HD dan Ultra HD sampai 60 fps.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk Dengan Rufus

Selain untuk melakukan video editing, Davinci Resolve Lite juga mempunyai kemampuan audio editing. Fairlight Audio yang digunakan untuk melakukan audio editing, dapat digunakan untuk mixing sampai dengan 1,000 channel secara real time.

Davinci Resolve membutuhkan resources yang cukup tinggi, untuk RAM yang di rekomendasikan saja 16 GB, dan video graphic cardnya yang mempunyai RAM setidaknya 4 GB.

Lightworks

Video editor ini juga tersedia gratis untuk untuk OS : Linux, Windows, Mac. Walaupun gratis, Lightworks sudah menyematkan banyak efek, termasuk color correction, blur dan masking.

Untuk kebutuhan PC/Laptopnya, Lightworks merekomendasikan paling tidak memiliki prosesor Intel i7 atau yang setara dengannya, dengan internal memori minimal 3 GB. Sedang untuk video graphicsnya minimal memiliki RAM sebesar 1 GB.

Untuk versi gratisnya hanya dapat digunakan untuk meng-eksport video dengan kualitas HD saja (720p).

VSDC Video Editor

VSDC Video Editor
Tampilan VSDC Video Editor

Dengan video editor gratis yang satu ini, kita dapat membuat video dengan resolusi 1080p dengan maksimum frame rate 30 fps.

VSDC juga menyematkan kemampuan untuk screen recorder dan video capture menggunakan web cam yang ada di laptop. Cocok untuk yang ingin membuat video tutorial dan software review.

Untuk menjalankan program ini tidak diperlukan banyak resources, cukup dengan prosesor dengan kecepatan 1.5 Ghz dan RAM 256 MB.

Untuk yang versi gratis, tidak bisa menggunakan fasilitas hardware acceleration ketika mengekspor video. Jadi memerlukan waktu lebih lama ketika kita mengekspor video, apalagi dengan resolusi 1080p.

Sayangnya preview video yang sedang kita buat dijalankan di aplikasi terpisah, sedikit merepotkan ketika sedang mengeditnya.

Hitfilm Express

Hitfilm Express merupakan video editor gratis dengan kualitas profesional, terutama efeknya. Untuk versi gratisnya pun sudah ada preset film effect.

Bila dirasa kurang, dapat membeli add on packsnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Untuk menjalankan Hitfilm Express diperlukan PC/Laptop minimal dengan windows 7 64 bit atau Apple Mac OS X 10.10. Processornya minimal Intel Core i3 dan RAM yang direkomendasikan adalah 8 GB, sedang graphics processornya minimal dengan RAM 512 MB.

Project video yang kita buat dapat di ekspor sampai dengan resolusi 1080p.

Shotcut

Shotcut tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows dan Mac.

Shotcut tersedia juga dalam versi portable. Shotcut juga sudah menyematkan efek, filter dan transisi.

Kebutuhan hardware untuk mengoperasikan Shotcut menurut laman shotcut.org adalah sebagai berikut:

  • Operating system: 64-bit Windows 7 – 10, Apple OS X 10.8 – 10.10, atau 64-bit Linux.
  • CPU: x86-64 Intel atau AMD; dengan 2 GHz core untuk resolusi SD, 2 cores untuk resolusi HD, dan 4 cores untuk resolusi 4K.
  • GPU: Video card yang kompatibel dengan DirectX 9 atau 11 drivers.
  • RAM: minimal 4 GB untuk SD, 8 GB untuk HD, dan 16 GB untuk 4K.

Blender

Blender selama ini dikenal sebagai software untuk membuat animasi, mulai dari modelling, rendering, compositing dan motion tracking.

Ternyata blender dapat pula di gunakan untuk melakukan video editing dengan banyak fitur. Termasuk fitur untuk transisi, kontrol kecepatan, filter, adjustment layers, dan berbagai macam efek.

Bagi pemula yang ingin menggunakan blender perlu menyediakan waktu khusus untuk mempelajari berbagai macam fitur yang ada di dalamnya

Bila ingin menggunakan Blender, hardware yang direkomendasikan adalah 64 bit Quad Core Processor, 8 GB RAM, dan VGA dengan 2 GB Ram.

Blender tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows.

Itulah 6 video editor gratis untuk windows. Semuanya benar-benar gratis, tanpa watermark dan iklan.

Semoga  bermanfaat.

Bambang

Seorang suami dan seorang ayah. Sedang belajar jadi blogger dan vlogger.

Related Posts

Cara Daftar EFIN Wajib Pajak Pribadi

Cara Daftar EFIN Wajib Pajak Pribadi

Mencoba Ruang Meeting GoWork Di Senayan

Mencoba Ruang Meeting GoWork Di Senayan

Doa Ketika Turun Hujan

Doa Ketika Turun Hujan

Syarat Hewan Kurban (Qurban)

Syarat Hewan Kurban (Qurban)

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *