7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Diposting pada
Spread the love
Coffe Quotes oleh Jackie Chan

Aku sendiri lupa kapan mulai suka dengan kopi, terutama aromanya. Sebelumnya sih ngopi juga tapi jarang-jarang. Kalau sekarang ini, lebih suka kopi hitam tanpa gula, atau kopi pahit. Kenapa? Rasanya lebih enak, walau kadang kalau ketemu yang pahit banget, terpaksa ditambah gula sedikit.

Bila di tanya lebih suka mana arabika atau robusta? Dua-duanya ūüôā Penyebab utamanya karena enggak bisa bedain mana yang arabika dan mana yang robusta, tahunya cuma salah satunya agak berasa asam (seingatku yang arabika deh), dan yang satunya rasanya lebih pahit.

Memang tidak bisa dipungkiri, kopi telah menjadi minuman populer, terutama di pagi hari, untuk membangkitkan mood katanya.  Berbagai jenis minuman kopi sangatlah mudah di jumpai, cappuccino, mochaccino, latte dan lain-lain.

Belum lagi kedai-kedai kopi yang mulai banyak bertebaran dari yang di pinggir jalan sampai yang di mall-mall.

Dan ternyata walau bukan termasuk minuman kesehatan, berbagai penelitian telah mengungkapkan manfaat kopi bagi kesehatan. Dengan catatan kopi yang dibuat tanpa tambahan gula dan creamer yah.

Dari tahun ke tahun selalu ditemukan manfaat dari minuman pahit ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan:

Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Disadari atau tidak, konsumsi gula kita selalu meningkat dari tahun ke tahun. Yang secara tidak langsung meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Kandungan asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Kopi juga dapat meningkatkan konsentrasi adiponektin, protein dalam tubuh yang membantu mengatur glukosa

Manfaat Kopi untuk meningkatkan memori

Sebagai stimulan, kopi memungkinkan otak kita memproduksi lebih banyak dopamine dan adrenaline dari biasanya. Kafein bisa meningkatkan kemampuan mengingat seseorang hingga rentang waktu 24 jam setelah diminum

Peningkatan dopamine dan adrenaline dapat meningkatkan memori dan juga kecepatan reaksi.

Mengurangi resiko terkena stroke

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi 2 Р5 cangkir sehari dapat mengurangi risiko stroke. Kandungan asam chlorogenic acid, lignan, dan magnesium dicampur dengan antioksidan dalam kopi yang berperan dalam mengurangi risiko stroke.

Menurunkan resiko penyakit Alzheimer dan Parkinson

Konsumsi kopi 2 – 3 cangkir sehari memiliki resiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

Studi menunjukkan bahwa kopi dan kafein dapat menunda timbulnya penyakit Alzheimer bahkan di kalangan lansia  yang sudah menderita demensia

Kopi dapat meningkatkan kinerja dan performa

Minum kopi sebelum olahraga memungkinkan otot kita berfungsi lebih baik dalam merubah lemak di dalam tubuh menjadi sumber energi, sederhananya kita merasa lebih berenergi.

Mencegah depresi

National Institute of Health menemukan bahwa mereka yang minum empat atau lebih cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko lebih kecil untuk terkena depresi.

Kopi mengandung antioksidan tinggi

Kandungan antioksidan pada kopi ternyata lebih tinggi dibanding dengan kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Antioksidan pada umumnya dihubungkan dengan sejumlah manfaat bagai kesehatan, termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker.

Tentu saja minum kopinya tidak boleh berlebihan, dan setiap orang juga memiliki reaksi yang berbedaterhadap kopi. Bagi yang tidak terbiasa, sedikit minum kopi saja dapat menimbulkan perasaan gelisah atau sakit perut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.