Bus Bandros Bandung

Asyiknya Keliling Bandung Naik Bus Bandros

By

Ketika pertama kali ke alun-alun Bandung, Azka sudah tertarik dengan bus warna-warni yang lewat di Jalan Asia Afrika. Sayang sekali kala itu keinginan untuk naik bus Bandros tidak terpenuhi.

Alhamdulillah pada kunjungan kali ini keinginan Azka terkabul. Dan ternyata letak halte bus bandrosnya dekat dengan Masjid Agung Raya Bandung. 🙂

Setelah tiba dari stasiun Bandung, kami naik angkot (lupa nomor berapa, hanya tahunya warna hijau) untuk ke alun-alun.

Ketika turun di alun-alun, ternyata di situlah haltenya bus Bandros. Melihat deretan bus warna-warni sedang berbaris di halte, Langsung saja Azka minta naik bus wisata ini.

Berhubung sudah siang, antrian pun sudah sedikit mengular. Eh gak deh, karena yang antri untuk naik bus Bandros ini lebih banyak yang duduk-duduk di sekitar halte.

Sistem beli tiketnya ternyata setelah kami/penumpang duduk manis di dalam bus. Karena tidak adanya antrian yang jelas, untuk naik ke bus Bandros ini sering terjadi perebutan kekuasaan, eh… berebut naik.

Baca Juga  Touring & Camping di Batu Tapak Cidahu

Jadi malu sama bebek.

Azka Naik Bus Bandros di Bandung

Kami akhirnya naik bus yang berwarna biru, walau sudah sempat beli tiket untuk bus hijau. Karena kami pikir semua bis memiliki rute yang sama, tetapi ternyata beda warna beda rute.

“Jangan lupa untuk selalu mengecek destinasi wisata dan cara untuk menikmati tempat wisata di sana.”

Selama di perjalanan, tour guide kami, Kang Amel, tidak ada hentinya menerangkan tentang sejarah tempat-tempat yang kami lewati. Kadang dibumbui dengan sedikit candaan agar suasana tidak terlalu kaku.

Tour Guide Bus Bandros, Kang Amel
Kang Amel sedang bercerita

Apa itu Bus Bandros?

Bandros yang ini bukan makanan khas Jawa Barat yah. Bandros yang ini merupakan kependekan dari Bandung Tour on The Bus. Bus wisata yang ada di kota Bandung.

Disediakan khusus buat wisatawan yang ingin berkeliling kota Bandung. Busnya sendiri sebagian besar terbuka, dan tidak ber AC.

Menurut info dari kang Amel, awalnya bus Bandros ini merupakan bus tingkat (double decker). Tapi ternyata sering mengalami kendala di jalan.

Kendala utamanya adalah masih banyaknya kabel yang bersliweran di jalur yang dilalui oleh bus wisata ini. Jadinya sering nyangkut deh.

Baca Juga  Cerita Ketika Azka Sunat

Azka sih senang banget naik bus ini, dan ketika beberapa penumpang turun di Cihampelas Walk, ia dan ayahnya pindah ke bagian belakang bus. Rute aslinya bus biru ini sebenarnya tidak lewat Ciwalk, tapi entah kenapa kali ini lewat Ciwalk.

Mungkin sedang padat akhir pekan, jadi diperbantukan untuk jalur lain. 🙂

Harga Tiket Bus Bandros

Tiket Bus Bandros
Tiket bus Bandros Rute Hijau

Bus Bandros ini masih di kelola oleh Dishub (Dinas Perhubungan) kota Bandung. Harga tiket bus untuk sekali jalan adalah Rp. 20.000.

Ada juga tiket untuk multiple trip selama sehari, dengan harga Rp. 40.000. Cukup terjangkau bagi wisatawan yang ingin berkeliling kota Bandung.

Oh, ya, jam operasional bus ini mulai dari jam 08.00 – 16.00 yah.

Lima Rute Bus Bandros Bandung

Kami baru tahu bahwa ada lima rute bus Bandros setelah selesai tour keliling bandung. Dan kemarin kami berkesempatan membelah kemacetan Bandung dengan menggunakan yang berwarna biru.

Ciwalk, Cihampelas Walk
Cihampelas Walk / Ciwalk

Mungkin kunjungan berikutnya bisa mencoba bus dengan warna lainnya.

Berikut ini rute dari masing-masing bus Bandros yang ada di Bandung.

  • Biru : Alun-alun-Braga-Taman Veteran-Kawasan Kuliner Burangrang-Taman Leuwipanjang-Musem Sribaduga-Alun-Alun Regol-Kawasan buah batu-Alun-alun.
  • Kuning : Balai Kota (Taman Dewi Sartika)-Gasibu-Gedung Satu-Taman Superhero-Alun-Alun Bandung-Braga-Balai Kota (Taman Dewi Sartika).
  • Ungu : Gasibu Bandung-Angklung Udjo-Alun-Alun Ujung Berung-GOR Arcamanik-Taman Persib-Museum Geologi-Gasibu.
  • Hijau : Alun-alun-Chinatown-Pasir Kaliki-Alun-alun Cicendo-Jalan Kelenteng-Jalan Cihampelas-Ciwalk-Alun-alun.
  • Pink : Gedung Sate-Simpang Dago-Forest Walk-Ciwalk-GasibuGedung Sate.
Baca Juga  Penataran Express, Kereta Cepat Ekonomi AC Malang - Surabaya

Bus ini cocok untuk berkeliling kota Bandung, tidak perlu capek menyetir mobil sendiri. Apalagi bila weekend yang macet di mana-mana.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like