10 Aplikasi Gratis Untuk Rapat Dari Rumah

meeting_online
Spread the love
4 menit untuk membaca

Sampai dengan hari ini himbauan untuk melakukan Work From Home (WFH) masih diberlakukan untuk wilayah Jakarta. Malah mulai esok hari, 10 April 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga 14 hari ke depan.

Dan masih dapat ditambah lagi jangka waktunya.

10 Aplikasi Gratis Untuk Rapat Dari Rumah 1

Walau bekerja di rumah, rapat untuk koordinasi dengan rekan kerja ataupun atasan tetap dapat dilakukan menggunakan aplikasi meeting online.

Baca juga : Pengalaman Pasang Indihome Single Play

Untungnya saat ini banyak tersedia aplikasi meeting online yang gratis. Berikut ini beberapa di antaranya yang menyediakan fitur screen sharing.


Skype

Apllikasi meeting online Skype
Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 50 orang
Screen sharing,

Skype merupakan aplikasi meeting online buatan Microsoft, dan tersedia di platform Android, Apple ataupun windows secara gratis. Selain fitur voice dan video call, skype juga menyediakan fitur screen sharing.

Fitur yang dapat digunakan untuk presentasi secara online.

Skype cocok dapat digunakan untk conference call/video hingga 50 peserta, gratis. Yang sedikit merepotkan adalah para peserta harus sign up dan mengunduh / download aplikasi skype terlebih dahulu.

Walau sekarang sudah ada fitur Meet Now di Skype, yang memungkinkan video conference tanpa perlu sign up terlebih dahulu. Namun peserta yang diundang harus memiliki aplikasi Skype terinstall di device yang digunakan.

Cisco Webex Meetings

Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 100 orang
Screen sharing, video recording, file sharing

Nama Cisco biasanya identik dengan produk-produk mahal, yang tidak terjangkau oleh pengguna gratisan seperti saya. 🙂

Sedangkan Webex adalah solusi konferensi web, walau begitu webex hadir juga dengan opsi gratis. Aplikasia meeting online gratis dari webex ini dapat digunakan untuk peserta hingga 100 orang.

Tidak ada batasan jumlah panggilan yang dapat dilakukan, selain itu ktia juga mendapatkan penyimpanan cloud sebesar 1 GB dengan akun gratis kita. Fitur lain yang tersedia seperti berbagi layar, perekaman video, dan berbagi file

Aplikasi ini tersedia untuk platform windows, apple dan android.

Zoom Meetings

Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 100 orang dengan durasi 40 menit
Screen sharing, video recording, file sharing.

Pengguna gratis aplilkasi meeting online ini dapat melakukan video conference dengan maksimum peserta 100 orang namun dengan limit waktu 40 menit untuk setiap meetingnya.

Bila perlu untuk waktu meeting yang lebih lama, kita dapat upgrade menjadi versi berbayarnya. Atau meetingnya dibagi menjadi beberapa sesi.

Namun aplikasi ini tidak sepenuhnya aman, yang juga dibenarkan oleh CEO Zoom. Banyak laporan bocornya rekaman rapat yang menggunakan Zoom ke public.

Saat ini Zoom menggunakan enkripsi TLS (Transport Layer Security), teknologi yang sama digunakan untuk mengamankan situs web HTTPS.

Jitsi

aplikasi meeting online Jitsi
Dapat digunakan di Windows, Android, Apple, Linux (Ubuntu & Debian)
Peserta dapat “unlimited” dan unlimited duration.
Screen sharing, video recording, file sharing.

Jitsi tersedia 100% gratis dan merupakan open source project. Kita dapat aplikasi meeting online yang di hosted di meet.jitsi.si. Atau kita dapat mengunduh dan menginstall aplikasinya untuk dijadikan host sendiri.

Tidak ada versi premium dari Jitsi ini, jadi aplikasi meeeting online ini tetap tersedia gratis.

Lifesize

Rapat dari Rumah Dengan Lifesize
Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 25 orang
Screen sharing.

Aplikasi meeting online gratis berikutnya adalah Lifesize. Dengan Lifesize kita dapat melakukan meeting dengan peserta maksimum 25 orang, dengan unlimited waktu.

Video dan screen sharingnya dapat dilakukan dengan resolusi sampai dengan 1080p. Dan di versi berbayarnya bisa hingga resolusi 4K.

Lark Suite

10 Aplikasi Gratis Untuk Rapat Dari Rumah 2
Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 10 orang (video conference) dengan durasi 50 menit per meeting.
Screen sharing, file sharing.

Salah satu fitur Lark Suite adalah Lark Translation pada dokumen ataupun chat, dan ada 100 lebih bahasa yang dapat diterjemahkan langsung.

Untuk Video conferencenya ada fitur Magic Share. Dengan fitur ini peserta dapat melakukan editing secara online pada dokumen yang sedang disharing.

Teamlink

Aplikasi Meeting Online Teamlink
Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 300 peserta
Screen sharing.

Aplikasi meeting online ini tersedia versi gratisnya. Dapat digunakan di PC dengan system operasi windows dan MacOS. Begitupun untuk smartphone, Teamlink juga dapat digunakan di smartphone android dan iphone.

Untuk versi gratisnya dapat menampung peserta meeting hingga 300 peserta. Versi berbayarnya dapat menampung hingga 10.000 peserta.

Wow.

Google Hangouts

Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 5 orang (video conference), 100 Orang (call conference)
Screen sharing, file sharing.

Untuk pengguna Google versi gratis dan Gsuite versi basic, Google Hangouts Meeting dapat digunakan hingga sepuluh orang.

Google Hangouts dapat digunakan hampir di setiap browser, atau menggunakan aplikasi Google Hangouts yang tersedia android dan iphone.

Untuk versi webnya, dapat melakukan screen sharing dan file sharing.

Free Conference

Dapat digunakan di Windows, Android dan Apple
Peserta bisa untuk 5 orang (video conference), 100 Orang (call conference)
Screen sharing, file sharing.

Walau nama aplikasi ini ada kata-katanya Free, tapi sebenarnya aplikasi free conference merupakan aplikasi premium berbayar. Untuk video call aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk lima peserta saja.

Aplikasi ini juga tersedia di iphone dan android.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *