Azka Belajar Sedekah

Azka belajar sedekah
Spread the love
2 menit untuk membaca

Balita memang peniru yang ulung. Hal inilah yang kami pelajari selama membesarkan buah hati kami selama 2 tahun ini. πŸ™‚

Kali ini Azka pun meniru kebiasaan kami bersedekah dengan memasukkan uang ke kotak amal yang biasanya ada di depan mini market.

Awalnya Azka hanya memperhatikan saja ketika salah satu dari kami memasukkan uang ke dalam kotak amal tersebut.

Azka Belajar Sedekah 1

Lama kelamaan Azka pun ingin ikut memasukkan uang ke dalam kotak amal yang ada. Ketika memasukkan, sering kali saya membisikkan ke telinganya seuntai doa,

“Ya Allah, terima sedekahnya Azka, Ya Allah. Amin”

Terkadang diikuti “amin” oleh Azka sambil mengusapkan kedua tangan ke wajahnya. πŸ™‚

Hari ini lain lagi ceritanya, ketika akan berangkat belanja ke mini market, Ibunya menyelipkan uang dua ribuan ke kantong celananya Azka. “Nanti buat bayar yah Mas.”

Yang dijawab Azka, “Iya…..”

Namun ketika selesai  berbelanja, tanpa dikomando oleh saya ataupun istriku, Azka berjalan menuju kotak amal. Lalu merogoh kantung celananya yang tadi diisi uang oleh ibunya sebesar dua ribu

Ia pun memasukkan uang tersebut ke dalam kotak amal.

Walau ia belum tahu apa saja keutamaan sedekah dan hanya sekedar menirukan kebiasaan orang tuanya. Semoga kami kami berdua terus mampu membuat Azka meniru yang baik-baik dari kami.

Dan itu diperkuat dengan perkataannya ketika ia meminta uang untuk di masukkan ke kotak amal baik ketika ikut shalat jumat atau ketika melihat kotak-kotak amal.

“Azka mau nabung.” katanya dengan kosa katanya yang masih terbatas.

Memang mas tabungan untuk di akhirat kelak. Jangan berhenti bersedekah yah mas, walau hanya dengan sebuah senyuman.

Salah satu ayat dalam Al-Quran yang berisi perintah untuk bersedekah adalah :

β€œMenghadapkan wajahmu ke arah timur atau barat itu bukanlah suatu kesempurnaan, tapi sesungguhnya yang sempurna adalah orang yang beriman kepada Allah dan kepada Nabi-Nya, serta memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, orang yang meminta-minta dan membebaskan hamba sahaya, dan mendirikan shalat serta menunaikan zakat.”

(Qur;an Surah Al-Baqarah : 177).

Semoga kita dapat menjadi hamba Allah Subhana Wa Ta’ala yang gemar bersedekah dan berinfak. Dan semoga Allah Subhana Wa Ta’ala menerima setiap sedekah yang kita keluarkan di jalan-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *