Azka Berwisata ke Kebun Binatang Ragunan

Diposting pada

Salah satu tempat wisata yang selalu ingin dikunjungi oleh Azka adalah Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan. Mungkin disebabkan oleh rasa ingin tahunya tentang binatang-binatang, yang selalu ia lihat di buku atau poster-poster binatang yang ada di rumah.


Kali ini ia ingin melihat tapir, yang sayangnya ketika sampai di kandangnya, tapirnya sedang tidak ditempat, alias kandangnya kosong. Mungkin lain kali yah mas kita bisa lihat tapirnya.Tapi kunjungan kali ini tetap seru, apalagi Azka ditemani oleh kawan-kawannya, abang Nizar dan Nizam.

Karena kami datangnya pagi hari, suasananya masih sepi, jadi lebih leluasa bergerak. Dan ketika kami pulang siangnya, suasana mulai ramai.

Kebun binatang pertama di Indonesia ini mempunyai luas 140 hektare ini terletak di Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Luasnya taman memang tidak memungkinkan untuk menjelajahinya dalam sehari, apalagi bila mengajak si kecil.

Selain bermacam spesies binatang dan tanaman, terdapat pula bermacam sarana rekreasi seperti taman bermain untuk si kecil, gajah tunggang, kuda tunggang, delman, sepeda air angsa, unta tunggang. Bila ingin berkeliling ragunan kita dapat menyewa sepeda baik yang sepeda tunggal maupun sepeda tandem, atau naik kereta keliling.

Kita juga dapat mengunjungi Kebun Binatang Anak atau Pusat Primata Schmutzer. Tentu saja dengan membeli tiket masuk tersendiri.

Baca Juga : Naik Delman di Setu Babakan.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang RagunanMulai bulan Mei 2016, untuk masuk ke dalam Kebun Binatang Ragunan, pengunjung harus menggunakan kartu JAKCARD yang diterbitkan oleh Bank DKI. Bila belum punya, kartu ini dapat dibeli di loket.

Karena berdua Azka, kemarin membeli JAKCARD yang harganya Rp. 30.000, dengan saldo Rp. 20.000. Jadi harga kartunya sendiri Rp. 10.000. Kartu ini juga dapat digunakan untuk membayar tiket Transjakarta, membeli tiket masuk ke Monas.

Kartu ini dapat digunakan untuk masuk dengan rombongan, pastikan saja saldonya cukup dengan mentop-up terlebih dahulu di loket. Harga tiket masuknya sendiri untuk dewasa Rp. 4.000 dan anak-anak Rp. 3.000. Murah bukan?

 

Transportasi ke Kebun Binatang Ragunan

Untuk mencapai Kebun Binatang Ragunan dapat menggunakan berbagai macam transportasi umum.

Pintu Utara (Pintu Masuk Utama)
Di pintu barat ini terdapat terminal Ragunan, jadi banyak pilihan transportasi mulai dari Transjakarta koridor 6, Kopaja (S602 AC, S602 AC, S68, S605A), Metromini S77, sampai angkot mikrolet M42, dan KWK S15A, S19,

Pintu Barat
Kopaja S13 AC, S612, Mikrolet M20, M36, D61, KWK S12

Pintu Timur
Mikrolet M17, M17A.

Pintu Selatan
Mikrolet M36

Jadwal Buka Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan buka setiap Selasa sampai dengan Minggu, pukul 06.00 – 16.00. Sedangkan hari Senin, libur satwa. Jadi jangan datang ke Kebun Binatang Ragunan pada hari Senin yah…

Tapi khusus hari libur nasional yang jatuh pada hari Senin, Kebun Binatang Ragunan tetap buka, dan hari libur satwanya di pindah ke hari berikutnya, yaitu hari Selasa.

Sepertinya kunjungan kali ini bukanlah kunjungan yang terakhir ke Kebun Binatang Ragunan Apalagi Azka belum menjelajahi Pusat Primata Schmutzer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *