Beli Baterai Cadangan untuk Canon EOS M3

Kingma LP E-17
Spread the love
3 menit untuk membaca

Memiliki kamera Mirrorless untuk merekam vlog kami bersama si kecil Azka atau sekedar untuk berfoto memang memerlukan beberapa aksesoris tambahan

Ada beberapa aksesoris tambahan yang menarik hati untuk melengkapi perlengkapan photography / videography yang kami miliki saat ini.

Mulai dari lensa fix, macam-macam filter, flash external. lampu led external, tas kamera, dry box dan aksesoris lainnya.

Beli Baterai Cadangan untuk Canon EOS M3 1

Pilihan yang menurut aku agak penting adalah menambah baterai atau memori card. Akhirnya yang saya pilih terlebih dahulu adalah menambah jumlah baterai cadangan untuk Canon EOS-M3.

Rasanya nggak lucu ketika sedang asyik merekam atau moto, tiba-tiba baterai kameranya sekarat. Dan akhirnya harus merelakan beberapa momen berharga tidak terekam.

Menyebalkan…

Untuk pemakaian normal, baterai Canon LP-E17 dapat digunakan untuk mengambil foto sebanyak 180 – 200 jepretan eh foto. Sedangkan untuk merekam video dapat digunakan untuk merekam video selama 1 – 1.5 jam.

Kok boros?

Jelas saja, karena kamera mirrorless Canon EOS M3 tidak mempunyai viewfinder, jadi pengambilan foto dan videonya hanya mengandalkan live view.

Dan aku pun memulai pencarian baterai cadangan untuk Canon EOS-M3. Dan ternyata agak sulit membedakan antara baterai asli dan baterai palsu bila kita membeli di marketplace.

Baca juga : Berkenalan dengan Toys Photography

Harganya?

Online shop menawarkan harga baterai “original” dengan cukup bervariasi, mulai dari Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 2.500.000. Lalu mana dong yang asli?

Aku pun makin bertambah bingung.

Dan makin bertambah bingung ketika melihat di web resmi Canon Indonesia, harga baterai LP E-17 adalah sebesar Rp. 835.000, namun dengan kapasitas baterai 700 mAh. Berbeda dengan yang dijual di marketplace, rata-rata memiliki kapasitas baterai 1040 mAh.

Baterai Canon LP E-17

Daripada bingung dan salah beli baterai “asli” tapi palsu, akhirnya aku memutuskan untuk membeli baterai alternatif saja. Dan salah satu paket penjualan yang menarik perhatianku adalah Battery Pack Kingma untuk Canon EOS M3, Kingma LP E-17.

Dalam paket penjualannya, kita akan dapat satu buah charger, kabel charger, dan dua buah baterai Kingma. Harga paketnya? Antara Rp. 300.000 – Rp. 400.000. Ada juga baterai pack merek lain yang harganya agak lebih mahal.

Bila dilihat secara fisik, kualitas King LP E-17 ini jelas jauh bila dibandingkan dengan baterai asli dari Canon. Harga memang tidak bisa bohong. πŸ™‚

Canon vs Kingma
Canon LP E-17 vs Kingma LP E-17

Baterai Kingma ini juga tidak menampilkan tanda indikator baterai ketika digunakan. Jadi kita tidak tahu tinggal berapa kapasitas baterai ketika digunakan.

Beli Baterai Cadangan untuk Canon EOS M3 2
Yang Asli dari Canon ada Indikator Baterai
Beli Baterai Cadangan untuk Canon EOS M3 3
Tidak ada Indikator Baterai pada Baterai Kingma

Baterai Kingma LP E-17 ini tidak didapat dicharge menggunakan charger asli dari Canon.

Waktunya ditest nih baterai barunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *