Imunisasi BCG dan Polio, Imunisasi Kedua Azka

Spread the love

Hari minggu ini jadwalnya mengantarkan si kecil untuk imunisasi BCG dan imunisasi polio ke RSIA Andhika. Ini adalah imunisasi yang kedua untuk Azka, setelah sebelumnya di suntik imunisasi hepatitis B ketika baru lahir.

Imunisasi ini merupakan rangkaian pemberian imunisasi dasar lengkap untuk anak kami. Imunisasi sendiri adalah upaya untuk memberikan kekebalan tubuh bagi suatu penyakit. Dengan imunisasi hari ini, kami berharap Azka dapat terhindar dari penyakit TBC dan Polio.

Imunisasi BCG

Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin) berfungsi untuk melindungi bayi dari penyakit tuberkulosis. Imunisasi ini diberikan paling lambat sebelum bayi berumur 3 bulan.

Kalau selama ini tahunya tuberkulosis itu identik dengan paru-paru, ternyata tuberkulosis dapat menjangkiti bagian tubuh lainnya. Di antaranya adalah bagian sendi, tulang, selaput otak (meninges) dan ginjal.

Cara penularan penyakit ini adalah melalui udara, melalui cipratan cairan bersin atau batuk.

Imunisasi BCG diberikan dengan cara di suntik, Azka sendiri di suntik di lengan kiri. Kalau info dari dokternya sih, nantinya akan ada bekas luka tetapi tidak besar, dan biasanya di sertai demam setelah imunisasi.

Imunisasi Polio

Kalau imunisasi BCG untuk mencegah penyakit tuberkulosis, maka imunisasi polio bertujuan untuk melindungi bayi dari penyakit polio.

Polio atau poliomyelitis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh poliovirus. Penyakit polio ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen bagi penderitanya, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pada penderita, virus ini menyerang bagian tenggorokan dan saluran pencernaan. Penularannya melalui kontak langsung dengan cairan yang keluar dari hidung, mulut atau kotoran (tinja) dari penderita polio.

Pemberian vaksin polio ternyata ada dua macam, dapat melalui oral (mulut) dengan cara di teteskan atau melalui cara disuntik.

Azka sendiri hanya di teteskan vaksin polionya, kasihan juga kalau harus di suntik, karena sebelumnya sudah di suntik imunisasi BCG. Pemberian vaksin polio ini adalah yang pertama dari empat jadwal pemberian sebelum Azka berumur 1 tahun.

Selesai imunisasi, Azka diberikan obat penurun panas berbentuk Paracetamol, dan hanya diberikan ketika terjadi demam setelah imunisasi.

Jadwal pemberian imunisasi berikutnya adalah ketika Azka berumur dua bulan, yaitu bulan Januari 2013.

Tetap sehat yah anakku.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas