Active Park Taman Spathodea Kebagusan

Bermain di Taman Spathodea Kebagusan, Jagakarsa

Diposting pada
Spread the love

Berwisata tidak selalu ke tempat yang mahal dan mewah. Kali ini kami mengajak Azka dan sepupunya untuk bermain di Taman Spathodea yang terletak di Kebagusan, Jagakarsa. Mereka terlihat menikmati suasana taman dan permainan yang ada.

Salah satu keuntungan tinggal di daerah Jagakarsa adalah banyaknya Ruang Terbuka Hijau untuk warganya. Selain Kebun Binatang Ragunan, Setu Babakan, masih ada taman-taman yang ukurannya lebih kecil.

Salah satunya adalah Taman Spathodea. Taman ini lumayan luas juga, apalagi bila dibandingkan dengan Taman Tabebuya, Ciganjur yang terletak tidak jauh dari Taman Spathodea ini. Ada satu taman lagi yang letaknya juga tidak terlalu jauh Taman Dadap Merah, yang juga cukup luas.

Biasanya Azka mainnya hanya di Taman Tabebuya, atau RPTRA dekat rumah. Tujuan sebenarnya adalah ingin jajan es potong yang sering ia lihat ada di depan taman, bila kebetulan kami lewat jalan kebagusan raya.

Nama ruang terbuka hijau ini berasal dari nama pohon Spathodea yang banyak ditanam di taman ini. Tanaman spathodea juga dikenal dengan nama tulip afrika, ki acret (sunda), crut-crutan (jawa) berasal dari Afrika sangat cocok untuk ditanam di daerah yang beriklim tropis.

Ada Apa di Taman Spathodea?

Selain banyaknya tumbuh-tumbuhan yang membuat suasana rindang dan adem, ada beberapa fasilitas yang dapat kita nikmati di taman ini, antara lain adalah :

  • Kolam Ikan, ada dua kolam ikan di taman ini. Tetapi yang banyak ikannya sepertinya taman yang paling besar, dan ada dekat dengan pintu masuk utama taman. Azka bisa betah di kolam ini, bukan untuk berenang tentu saja. Tapi untuk memberi makan ikan. Pengunjung dapat membeli pakan ikan seharga Rp. 2.000 / kantongnya.
  • Jogging Track, kalau mau jogging atau sekedar jalan kaki, pengunjung dapat mengelilingi taman ini. Beberapa pengunjung juga bermain sepeda jalan setapak yang cukup lebar untuk pengunjung beraktivitas. Lintasan joggingnnya pun mengikuti kontur tanah di sekitar taman yang naik dan turun.
  • Taman Bermain Anak, ada dua buah ayunan, dan mainan berbentuk tangga (sudah mulai keropos di sana sini). Azka sempat kehilangan mood bermain karena harus antri bermain ayunan.
  • Active Park, buat pengunjung yang ingin berolahraga, di taman ini tersedia berbagai fasilitas olahraga untuk melatih otot-otot tubuh.
  • Kursi Taman, tersedia banyak tempat duduk untuk pengunjung beristirahat setelah lelah beraktifitas.

Fasilitas Taman Spathodea Kebagusan

 

Lokasi Taman Spathodea

 

Taman Spathodea terletak di Jl. Kebagusan Raya Rt 13/Rw 04, tidak jauh dari Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. Akses ke taman ini juga cukup mudah karena letaknya yang di pinggir jalan.

Untuk dapat ke taman ini, kita dapat menggunakan angkutan umum M-17 (Pasar Minggu – Lenteng Agung) atau M-17A (Pasar Minggu – Jagakarsa).

Yang sedikit merepotkan adalah parkir kendaraan di areal taman. Areal parkirnya tidak cukup luas, apalagi untuk kendaraan roda empat, ketika kami berkunjung sih tidak ada kendaraan roda empat yang parkir. Karena sudah penuh oleh puluhan sepeda motor.

Kondisinya akan lebih padat ketika akhir pekan terutama waktu pagi dan sore hari.

Jam operasional taman : 5.00 – 18.00

Harga tiket masuk taman spathodea : gratis, cukup bayar parkir kendaraan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.