Bermain Pasir dan Berenang di Taman Pemuda Pratama

Diposting pada
Spread the love

Satu lagi taman bermain anak yang ada kami kunjungi dan lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah kami, Taman Pemuda Pratama. Memang sih letaknya bukan di wilayah Jakarta tetapi sudah masuk wilayah Depok, Jawa Barat.

Tapi taman ini bukan milik pemerintah loh, walau begitu tidak dikenakan biaya masuk alias gratis untuk kita yang ingin berkunjung ke Taman Pemuda Pratama ini. Walau lokasinya terbilang dekat dengan rumah, tapi ini pertama kalinya Azka berkunjung ke taman ini, karena kami pun baru tahu keberadaan taman ini. 😀

Tujuan utamanya datang ke taman ini adalah bermain pasir, sepertinya di pantai katanya. Tamannya rapi, bersih dan cukup terawat. Yang paling penting sih, Azka puas bermain di taman ini.

Main Pasir di Taman Pemuda Pratama
Bermain Pasir

Biaya yang kita keluarkan apabila kita ingin berenang (favoritnya Azka), naik ATV, belajar memanah, atau bermain paint ball, kita harus membayar tiket untuk permainan-permainan tersebut.

Baca juga : Bermain di Taman Spathodea Kebagusan, Jagakarsa

Lokasi Taman Pemuda Pratama

Taman ini terletak di Jalan Sairin RT. 01/011, Tanah Baru, Beji, Depok ini bukan merupakan taman-taman yang dibangun oleh pemerintah. Taman Pemuda Pratama dibangun di lahan seluas kurang lebih 6.000 meter persegi, dan dikelola oleh orang pribadi bersama karang taruna.

Taman ini buka dari hari Selasa – Minggu saja yah, khusus hari Senin tutup untuk perawatan taman. Taman buka dari pukul 7.00 – 18.00.

Sayangnya tidak ada angkutan umum yang melewati Taman Pemuda Pratama ini.

Detail alamatnya dapat dilihat pada peta berikut.

 

Fasilitas dan Wahana di Taman Pemuda Pratama

Ada beragam fasilitas dan wahana di Taman ini, yang membuat si kecil betah bermain di sini. Dua wahana yang membuat Azka betah adalah Taman Bermain dan tentu saja Kolam Renang.

Ada apa saja di Taman Pemuda Pratama?

Taman Bermain dan Taman Pasir

Selain permainan standard seperti perosotan, ada juga arena panjat tebing, dan arena bermain pasir di sekitar taman bermainnya.

Arena yang paling disukai oleh anak-anak. Azka? Lebih asyik bermain pasir dengan perlengkapan bermain pasirnya yang dibawa dari rumah.

Kolam Renang

Harga Tiket Berenang Taman Pemuda Pratama
Tiket Masuk Kolam Renang Taman Pemuda Pratama

Hanya ada satu kolam renang berbentuk angka delapan, tetapi memiliki kedalaman yang berbeda antara satu bulatan dengan bulatan lainnya. Sayangnya pembatas di kolamnya tidak ada, hanya diberitahu oleh penjaganya untuk jangan melewati pancuran air yang ada di tengah kolam.

Kolam renangnya sepertinya di khususkan untuk area bermain air untuk anak-anak. Ada juga ember tumpah mini, yang entah kenapa Azka tidak suka dengan wahana ember tumpah. 🙂

Harga tiket masuknya cukup terjangkau:

Selasa – Jum’at : Rp. 10.000

Sabtu/Minggu/Hari Libur : Rp. 15.000

Ketika kami berkunjung kemarin, orangtua atau pendamping dapat masuk ke area kolam renang tanpa membayar. Kecuali pendampingnya ikut berenang yah.

Tersedia juga penyewaan pelampung/ban di area kasir/pembelian tiket, untuk pelampung berbentuk bulat di sewakan seharga Rp. 5.000, sedangkan yang berbentuk jaket disewakan seharga Rp. 10.000

Penyewaan ATV

Di taman ini ada juga penyewaan ATV (All Terain Vehicle), yang dapat digunakan mengelilingi area taman. Sayangnya Azka tidak mau ketika di ajak berkeliling naik ATV, baginya lebih asyik bermain pasir dan berenang. 😀

Harga Tiketnya :

Anak-anak : Rp. 15.000/putaran

Dewasa : Rp. 20.000/putaran

Taman Kelinci dan Kolam Ikan

Disini anak-anak dapat memberi makan kelinci, tetapi jumlah kelincinya sudah banyak berkurang menurut salah satu penjaganya.

Tidak jauh dari taman kelinci, ada kolam ikan yang tidak terlalu besar. Kita juga dapat memberi makan ikan dengan pakan yang dapat di beli di kasir.

Harga pakan kelinci / Ikan : Rp. 5.000

Paint Ball

Permainan paint ball di taman ini di kelola oleh Depok Seblast Paint Ball. Ada dua paket permainan yang di sediakan oleh Depok Seblast Paint Ball ini,

War Game, dengan harga Rp. 80.000/orang dengan fasilitas sebagai berikut :

  • Ada trainer dan technical team,
  • Senjata semi otomatis,
  • Mendapat 30 peluru,
  • Goggle (pelindung wajah),
  • Seragam lapangan,
  • Body protector (rompi),
  • P3K,
  • Sewa tempat dan air mineral.

Waktu permainan :

  • Satu paket terdiri dari 2 kali permainan atau lebih (kondisional).
  • Satu kali permainan 5 – 7 menit.
  • Satu kali permainan terdiri dari 2 tim @5 orang.

Shoot Target dengan harga Rp. 30.000/orang dan akan mendapat 20 peluru.

Fasilitas (pilihan) :

Dokumentasi : Rp. 200.000,- per order.
Makan siang : Rp. 20.000,- per orang.
Kaos : Rp. 80.000,- per orang.

Memanah

Ada juga wahana untuk belajar memanah, masih di area yang sama yang digunakan untuk bermain Paint Ball. Harganya juga cukup murah, yaitu Rp. 15.000 dan kita akan mendapatkan 15 anak panah.

Gazebo

Taman Pemuda PratamaAda aula besar di dekat kamar mandi dan kolam ikan, yang dapat kita gunakan untuk beristirahat bila lelah. Dan Gazebo ini dapat di sewa untuk acara arisan atau kumpul-kumpul bareng teman. Harga sewanya Rp. 500.000/5 jam.

Selain Gazebo, ada banyak tempat duduk di area taman untuk tempat beristirahat atau duduk-duduk santai para pengunjungnya.

Kantin

Ini yang penting, jadi kami tidak takut kehausan atau kelaparan karena ada area kantin di dekat area parkir mobil. Harganya juga cukup terjangkau, tidak menguras isi kantong.

Selain itu, banyak juga penjual jajanan di luar area taman, mulai dari cilok, siomay, jus, dan lain-lain.

Selain itu ada kantor Radio Bina Swara.

Videonya dapat di saksikan di bawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.