Cara Uninstall Linux dari Dual Boot System

Diposting pada
Spread the love

lubuntu

Sebenarnya belum puas menjelajahi Lubuntu, berhubung laptop kantornya akan berpindah tangan, jadi harus di kembalikan ke kondisi semula dengan meng uninstall linux nya sehingga laptopnya menjadi single boot windows 7 lagi.

Karena install linux lubuntunya di partisi tersendiri, langkah langkah yang perlu dilakukan adalah seperti berikut ini :

Uninstall Linux Dengan Cara Hapus Partisi

Sebelum menghapus partisi linux, pastikan kita sudah punya Windows Recovery CD/DVD/USB. Atau bisa juga menggunakan Lazesoft Recovery Suite. Kenapa? Windows Recovery berguna untuk memperbaiki boot loader yang sebelumnya menggunakan grub loader.

Bila sudah disiapkan, bisa dilanjutkan untuk menghapus partisi linuxnya.

  • Masuk ke dalam Disk Management, bisa melalui start menu, lalu cari Create and Format Hard Disk Partition.Hapus Partisi

 

  • Cari partisi yang di gunakan untuk linux, klik kanan lalu pilih Delete Volume

Delete Linux Partition

  • Partisi yang dihapus akan menjadi Free Space. Ada dua hal yang bisa dilakukan, menggabungkan dengan partisi yang sudah ada. Atau membuat partisi lainnya. Entah kenapa kemarin tidak bisa meng- Extend Volume dari partisi yang sudah ada, akhirnya Free Space yang ada di buat partisi tersendiri.

Memperbaiki Boot Loader

Langkah selanjutnya adalah memperbaiki boot loader. Karena ketika membuat dual boot linux dengan windows, yang digunakan adalah boot loader dari linux.

Boot loader sendiri adalah sebuah sejenis program yang berjalan sewaktu proses booting komputer atau laptop. Boot loader juga dikenal sebagai boot manager.

Bila tidak diperbaiki, ketika start up laptop akan muncul pesan :

error no such devices:

grub rescue>

Yang arti gampangnya, kita gagal masuk ke dalam sistem operasi windows.

Sebenarnya error ini bisa diperbaiki menggunakan windows recovery CD, tetapi karena tidak adanya windows recovery, akhirnya aku pakai Lazesoft Recovery Suite yang sudah aku siapkan sebelumnya dalam bentuk flashdisk.

Setelah booting dari USB, lazesoft akan menampilkan beberapa pilihan, pilih yang Disk Image & Clone.

Lazesoft

Setelahnya pilih Rebuild MBR untuk memperbaiki boot loader laptop.

Rebuild MBR

Klik tombol Rebuild, lalu tekan ok.

Setelah selesai proses rebuildnya, cabut flashdisk dan restart laptop seperti biasanya, dan alhamdulillah berhasil  masuk ke dalam windows 7 kembali.

Mudah atau sulit?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *