JORR W2, Jalur Baru ke Bandara Soekarno Hatta

Diposting pada
Spread the love

Semenjak ada project pemasangan people counting (alat untuk menghitung pengunjung yang keluar masuk suatu area) untuk beberapa kota besar di Indonesia, jadi sering bolak-balik ke Bandara International Soekarno Hatta lagi.

Kalau dulu, bila hendak ke Bandara International Soekarno Hatta, jalur yang bisa ditempuh biasanya lewat tol dalam kota, setelah itu nyambung ke tol bandara. Waktu tempuhnya pun cukup lama, dari rumahku di daerah Cilandak Jakarta Selatan.

Bus Damri dari Lebak Bulus atau dari Blok M pasti lewat jalan tol dalam kota terlebih dahulu, tentu melalui rutenya masing-masing.

Apalagi kalau naik pesawat pagi, harus berangkat dini hari agar tidak terkena macet dan telat untuk boarding.

Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2

Jorr W2

Nah, sejak minggu kemarin ketika berangkat ke Yogya, baru tahu (dasar kurang update) kalau ada jalur baru ke Bandara International Soekarno Hatta, JORR W2. Jadi kalau dari Cilandak, tinggal masuk toll JORR sepanjang TB Simatupang, nanti bisa nyambung langsung ke toll Bandara.

Waktu tempuh? Tentu jauh lebih singkat, sudah dua kali ini, waktu tempuhnya rata-rata 45 menit dari Lebak Bulus. Lebih singkat dan tidak macet bila dibandingkan lewat tol dalam kota.

Biaya? Memang biaya tollnya lebih mahal bila di bandingkan ketika lewat toll dalam kota. Rinciannya: Pondok Pinang-Kebon Jeruk membayar Rp 8.500, kemudian memasuki Tol JORR W-1 (Kebon Jeruk-Penjaringan) Rp 8.500, lalu Tol Sedyatmo (tol bandara) Rp 6.000, sehingga totalnya menjadi Rp 23.000.

Kalau lewat tol dalam kota yang rincian tarifnya adalah Rp 8.000 (tol Dalam Kota), ditambah tol bandara Rp 6.000 sehingga totalnya hanya Rp 14.000.

Bis DAMRI yang dari terminal Lebak Bulus pun sekarang lewat jalur JORR W2 ini. Belum tahu untuk bus yang berangkat dari Kampung Rambutan.

Tol ini bisa menjadi jalur alternatif ke Bandara, untuk mereka yang tinggal di Selatan Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, dan Jawa Barat.

Yang dari arah Bogor, dapat menggunakan tol Jagorawi yang dapat langsung masuk tol JORR, lanjut ke tol Bandara. Dari arah Bekasi, ada dua piliha, dapat melalui tol dalam kota, atau lewat tol JORR dan lanjut ke tol Bandara.

Sama halnya untuk mereka yang tinggal di daerah Tangerang, Serpong dan sekitarnya dapat melalui tol Jakarta Serpong, tol JORR dan tol Bandara.

Tapi apa nanti tidak akan pindah yah kemacetan di tol dalam kota ke tol JORR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *