Ketika Indihome di Rumah Mengalami Gangguan

Ketika Indihome di Rumah Mengalami Gangguan 1
Spread the love
4 menit untuk membaca

Selalu ada yang pertama.

Alhamdulillah sejak pertama kali pasang Indihome Single Play di bulan Maret tahun lalu, layanan internet Indihome di rumah jarang mengalami gangguan..

Dan kemarin sore adalah pertama kalinya saya mengalami gangguan pada jaringan Indihome.

Yang menyebabkan terputusnya jaringan internet di rumah.

Ketika Indihome di Rumah Mengalami Gangguan 2

Kejadiannya ketika kemarin sore saya sedang asyik bekerja di depan laptop tiba-tiba saja koneksi internetnya terputus. Mana ada kerjaan yang belum tersimpan di cloud.

Parahnya lagi paket data selular saya sudah habis.

Memang sih emenjak PSBB Jakarta diberlakukan saya sudah jarang isi paket data yang bulanan. Ya karena jarang keluar rumah juga, sayang kuotanya tidak terpakai.

Hahaha, ngirit.

Baca Juga : Pengalaman Transfer Valas Thailand Baht

Selain itu memang kecepatan data selular di dalam rumah juga tidak dapat diandalkan. Sudah hampir semua provider dicoba namun kecepatannya ya sami mawon.

Cuma si kuning yang agak mendingan kecepatannya.

Terpaksa deh disimpan di lokal dulu kerjaannya.

Pengalaman saya berikut ini terjadi di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan yah. Mungkin saja pelayanan gangguan Indihome di daerah lain berbeda dengan yang saya alami.

Cara Lapor Gangguan Indihome Dengan MyIndihome

Setelah beli kuota data terlebih dahulu saya pun melaporkan gangguan yang terjadi menggunakan aplikasi myIndihome.

Kok nggak telepon aja?

Ya pengen tahu aja tentang aplikasi myIndihome ini. Sebelumnya saya sudah mendaftar dan menggunakan aplikasi ini untuk check pemakaian kuota data Indihome setiap bulannya.

1. Masuk Ke Aplikasi MyIndihome

Karena sebelumnya sudah pernah menggunakan aplikasi ini saya tinggal membuka aplikasinya. Aplikasi MyIndihome sendiri dapat di download di Google Play dan App Store.

Lapor Gangguan Indihome
Baru 4 Hari Pemakaiannya Sudah 18 GB. πŸ˜€

Sempat mencari-cari menu untuk melaporkan gangguan. Akhirnya ketemu juga, ternyata kita harus klik tombol Bantuan terlebih dahulu.

Setelah di klik masih ada menu pop up untuk memilih nomor pelanggan yang mengalami gangguan. Baru setelah itu kita dibawa masuk ke menu kedua.

Di sinilah baru ada tombol Lapor Gangguan.

2. Menu Lapor Gangguan Internet Indihome

Setelah klik tombol Lapor Gangguan, kita dibawa lagi ke menu ketiga. Ada beberapa topik bantuan, saya pun memilih topik Internet sesuai dengan masalah yang saya alami.

3. Menu Lapor Gangguan Tidak Bisa Menggunakan Internet Indihome

Di menu ini ada beberapa solusi yang diberikan oleh aplikasi MyIndihome ini. Nah kemarin sore di router saya yang dipinjamkan Telkom Indonesia ternyata Lampu Indikator LOS/PON berwarna merah.

Ketika Indihome di Rumah Mengalami Gangguan 4

Setelah di klik pilihan yang sesuai maka akan tampil solusi untuk mengatasi gangguan tersebut.

Saya pun mencoba solusi yang diberikan beberapa kali. Mencabut kabel FO (fiber optic) dari router, lalu memasangnya kembali dan dilanjutkan dengan menyalakan router kembali.

Beberapa kali mencoba namun tetap dengan hasil nihil, maka saya lanjutkan ke menu selanjutnya.

lapor gangguan indihome
detail masalah indihome
whatsapp lapor gangguan indihome
whatsapp Indihome

Barulah di menu ini saya harus menuliskan detail masalah yang saya alami. Saya tulislah masalahnya dan percobaan dari solusi yang terus gagal walau sudah dicoba beberapa kali.

Setelah selesai mengklik tombol Laporan Gangguan akan ada notifikasi di aplikasinya bahwa laporan kita sudah diterima. Lengkap dengan ID tiket laporannya.

Selain itu saya juga mendapatkan notifikasi di Whatsapp.

Karena hari sudah sore, sepertinya nggak mungkin akan ada perbaikan malam ini.

Hari Perbaikan

Kamis pagi sekitar pukul 8.30 telepon saya berdering eh berbunyi deh dari nomor whatsapp yang tidak dikenal. Ternyata dari teknisinya Indihome yang mengabarkan bahwa akan ada kunjungan untuk perbaikan.

Nggak sampai 30 menit bapak teknisi sudah menelpon kembali, ternyata mereka sudah sampai di dekat rumah.

Cepat juga nih.

Padahal saya pikir mungkin siang hari mereka baru datang. Setelah mengecek perangkat router yang ada di rumah, mereka melihat memang lampu LOS di router berwarna merah.

router telkom indihome
router telkom indihome merah lampu LOS nya

Warna merah di lampu LOS ini menandakan bahwa tidak ada koneksi antara router dengan box ODP (Optical Distribution Point) Indihome terdekat yang biasanya ada di tiang telpon.

Dilacaklah oleh mereka. Oh ya, teknisi yang datang ada dua orang dan mereka bawa motor masing-masing. Mungkin karena masih dalam masa PSBB Covid-19 jadi tidak berboncengan.

Setelah ditelusuri ternyata ada kabel optik yang putus. Sepertinya terkena benang layangan. Dan menurut teknisinya bulan-bulan ini memang lagi sering gangguan kabel Indihome karena putus terkena benang layangan.

Dimulailah proses penggantian kabel yang putus. Kabel fiber opticnya lalu disambung dibagian yang putus dengan alat yang bernama Fusion Splicer.

Ketika Indihome di Rumah Mengalami Gangguan 5
Siap-siap menyambung fiber optic dengan Fusion Slicer

Lumayan panjang juga kabel yang harus diganti. Proses penggantian kabelnya sendiri memerlukan waktu sekitar 1,5 jam.

Cukup cepat sih menurutku.

Selesai dengan penggantian kabel saya dapat lagi notifikasi dari aplikasi myIndihome bahwa perbaikan gangguan Indihome telah selesai dilakukan. Dan kita diharuskan melakukan konfirmasi bahwa benar gangguannya telah diperbaiki.

Konfirmasi juga dilakukan melalui telpon dari 147. Bukan kita yang telpon yah, tapi pihak telkom yang menelpon ke nomor telepon kita yang terdaftar di aplikasi MyIndihome.

Untuk pelayanan gangguan kali ini patut saya acungi jempol. Gercep alias gerak cepat.

Mudah-mudahan tidak mengalami putus kabel lagi karena benang layangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *