Memahami Kecerdasan Anak

Diposting pada

Setiap orangtua pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik, dan kami juga paham bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Tugas kami sebagai orangtua untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Memasuki usia ke empatnya, Alhamdulillah Azka diberi kesehatan dan selalu dilindungi Allah. Tidak ada bosannya mengamatinya bermain, beraktifitas, bergaul dengan teman-temannya. Dari situ kami bisa paham perkembangannya di golden agenya ini.

Kecerdasan yang cukup menonjol pada Azka saat ini adalah dalam kecerdasan musikal dan linguistik. Lalu sisanya? Ada, tapi tidak menonjol seperti yang dua ini.

Baca juga : 9 Jenis Kecerdasan Menurut Dr. Gardner

Kecerdasan Musikal

Apakah Azka pintar menyanyi? Gak juga, lagu anak-anak juga tidak banyak yang ia hafal, malah terkadang hanya berdendang tidak jelas. Terkadang malah ia mengganti lirik dari lagu yang ia tahu, dengan kata-katanya sendiri.

Tapi daya ingatnya akan lagu yang pernah ia dengar cukup kuat, bila ia mendengar satu kata, dan ia tahu kata itu ada pada ingatan nyanyiannya, Azka akan langsung menyanyi. Yah, pokoknya semaunya dia aja, kalau dia nyanyi balonku, dia maunya yang meletus balon merah muda ya sudah, gak bakal mau dibenerin kalau yang meletus balon hijau. ๐Ÿ˜€

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistiknya mungkin baru sekadar pada kosa kata dan story telling saja yang terlihat saat ini. Kosa kata bahasa inggrisnya juga lumayan banyak, dari berhitung 1 – 15 (walau kadang suka lupa), atau abjad (suka berdebat dengan teman-temannya di bimba AIUEO karena beda pengucapan).

Azka lebih suka bilang double U dibanding W, atau pengucapan nama-nama hewan, Azka lebih tahu elephant, monkey, hippo, goat, chicken, sheep, crocodile, duck.

Kecerdasan Bercerita

Kalau bercerita? Ini yang suka membuat kami berhati-hati, terkadang dari apa yang ia dengar saja, ia bisa menceritakannya kepada khalayak ramai. Paling tidak ke eyang utinya. Cerita Upin dan Ipin pun bisa ia ceritakan dengan gayanya sendiri, sambil memperagakan adegan-adegannya yang ia lihat di tivi.

Kecerdasan Matematika

Bagaimana dengan kecerdasan lainnya? Kecerdasan matematikanya belum cukup menonjol, ia bisa berhitung, tapi belum bisa menambah atau mengurangi. Kami juga sadar kecerdasan inter-personalnya juga masih kurang, Azka masih suka tidak mau bermain dengan rekan-rekannya, apalagi bila ada satu atau lebih anak yang ia tidak suka di kelompok mainnya.

Ia juga tergolong pelit untuk meminjamkan mainannya kepada teman-temannya :). Olehnya kami berencana memasukkan ia ke TK tahun depan, agar ia bisa bersosialiasi dengan lebih baik lagi.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihannya, kami bisa tahu apa yang harus kami ajarkan kepadanya. Atau apa yang harus kami lakukan agar ia bisa tumbuh dengan lebih baik lagi.

Rabbi habli minash shalihin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *