Cara Menambahkan Preset ke Lightroom Android

Cara Menambahkan Preset ke Lightroom Android 1
Spread the love
3 menit untuk membaca

Selain aplikasi Snapseed untuk melakukan editing foto di Android, Adobe Lighroom sering saya gunakan untuk editing photo/foto.

Terutama untuk editing tone.

Saat ini sih masih pakai versi gratisnya yang bisa di download di Google Playstore.

Cara Menambahkan Preset ke Lightroom Android 2

Adobe Lightroom yang saya gunakan kali ini adalah versi 5.4. Jadi beberapa langkah mungkin berbeda dengan adobe lightroom versi lainnya.

Baca Juga : Beli Baterai Cadangan Untuk Canon EOS M3

Apa itu Preset?

Preset adalah konfigurasi pengaturan di adobe lightroom yang dirancang untuk mencapai tampilan atau gaya tertentu dari foto kita.

Cukup hanya dengan satu klik saja maka pengaturan yang ada akan langsung diterapkan pada foto kita. Kita tinggal merubah sedikit pengaturan yang kita rasa perlu saja.

Jadi tidak perlu membuat pengaturan dari awal. Keuntungan lainnya adalah konsistensi gaya pada foto, dan waktu yang lebih cepat pada sesi pengeditan kita.

Kita dapat membuat sendiri preset berdasarkan pengaturan yang kita sukai atau kita juga dapat membeli presets untuk mencapai

Ada dua cara untuk melakukan import/menambahkan preset ke dalam adobe lightroom versi android.

Cara Menambahkan Preset dengan file .xmp

File XMP biasanya berukuran sangat kecil, hanya beberapa kilobyte saja. File ini menyimpan semua perubahan yang kita buat pada sebuah photo/foto.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengimport atau menambahkan presets lightroom yang berbentuk file .xmp adalah sebagai berikut :

  • Siapkan file xmp yang ingin di tambahkan ke adobe lightroom android.
  • Buka file manager di smartphone android. Setelah itu copy/salin file .xmp atau satu folder yang berisi beberapa file preset .xmp kedalam storage/Android/data/com.adobe.irmobile/files/carouselDocuments/000000000xxxxx/Profiles/Settings/UserStyles/. Folder ini bisa saja dibuat di internal storage ataupun external storage, tergantung pengaturan kita ketika melakukan instalasi.
Menambahkan preset lightroom xmp di android
  • Untuk melakukan pengetesan, kita harus masuk ke aplikasi adobe lightroom terlebih dahulu. Buka satu foto lalu pilih preset. Maka preset yang baru saja kita pindahkan akan tampil di list preset yang ada.
daftar preset di lightroom android
  • Pilih preset yang baru saja kita upload dan lihat hasilnya.

Cara Menambahkan Preset Lightroom dari file .dng

DNG adalah singkatan dari (Digital Negative/negatif digita)l dan merupakan format file RAW yang bersifat open source dan dibuat oleh Adobe. Pada dasarnya, ini adalah file RAW standar yang dapat digunakan siapa saja.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengimport atau menambahkan preset lightroom dari file yang berbentuk DNG adalah sebagai berikut :

  • Pastikan kita sudah mempunyai file dengan format DNG yang ingin kita salin presetnya.
  • Buka aplikasi adobe lighroom, lalu pilih add photo untuk menambahkan file DNG ke dalam album di adobe lightroom. Cari dan pilih file DNG yang kita inginkan.
Cara Menambahkan Preset ke Lightroom Android 3
  • Setelah file DNG tersebut ditambahkan ke dalam album, buka filenya lalu tekan menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Create Preset.
Menambahkan Preset ke Lightroom Android
  • Isikan dengan nama preset dan pilihan pengaturan yang kita inginkan
  • Setelah selesai tekan tanda centang yang ada di pojok kanan atas. Maka preset yang baru kita copy akan ada di list preset dan siap digunakan.

Cukup mudah bukan?

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *