Menjadi Ayah ASI

Menjadi Ayah ASI 1
Spread the love
2 menit untuk membaca

Ayah ASI ? Bukannya ASI itu air susu ibu? Apa hubungannya dengan ayah? πŸ™‚

Semenjak kelahiran Azka dua bulan yang lalu, kami berdua bertekad dan berkomitmen akan memberikan ASI Eksklusif untuk anak pertama kami ini.

Menjadi Ayah ASI 2

Apa itu ASI Eksklusif?

ASI eksklusif adalah pemberian ASI (Air Susu Ibu) tanpa adanya asupan bahan makanan/minuman lainnya selama 6 bulan. Jadi yang diberikan kepada bayi hanya ASI saja.

Selain bebas biaya, ASI mengandung segala macam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. termasuk antibodi alami yang akan membantu mencegah terjadinya infeksi atau gangguan kesehatan lainnya.

Pemberian ASI juga tidak memerlukan persiapan khusus dan dapat memperkuat ikatan antara ibu dan anak.

Alhamdulillah, Allah Subhana wa Ta’ala karuniakan banyak ASI kepada istriku, berlimpah untuk makhluk mungil yang telah Allah anugerahkan kepada kami ini.

Pernah beberapa kali ASInya dipompa, tujuannya agar ketika Azka ingin nenen, bisa diganti dengan ASI perah lewat botol dot.

Tetapi, Azka ternyata anti dot. Ia lebih suka langsung dari sumbernya. πŸ™‚ Beberapa kali di coba, termasuk dengan mencoba berbagai jenis dot, hasilnya nol besar. A

zka tetap tidak mau menyusu dari botol dot. Jadi akhirnya pompa ASI elektrik yang kami beli sebelumnya mubazir tidak terpakai.

Apa itu Ayah ASI ?

Menyusui merupakan salah satu tugas seorang ibu yang tidak kalah berat dibanding ketika hamil dan melahirkan. Dan proses menyusui pasti ada tantangannya.

Salah satunya adalah terbangun di tengah malam, karena si kecil menangis entah karena lapar atau haus.

Di sinilah peran seorang suami dan ayah untuk membantu sang ibu dalam proses menyusui. Bukan membantu dengan menyusui si kecil yah. Yang dapat dilakukan saya sebagai ayah adalah dengan mendukung proses menyusui, baik dari cara berpikirnya maupun dari tindakan.

Itulah ayah ASI.

Senangnya mencium si kecil
Menemani Azka salah satu tugas ayah asi

Proses menyusui yang tidak ringan ini memerlukan dukungan dari ayah, dari hal-hal sederhana seperti menyenangkan hati sang ibu, ini terbukti lho. Ketika hati istriku sedang senang, biasanya ASI yang keluar lebih banyak dan lancar.

Menyenangkan hati istri bisa dengan membantu menggendong Azka, membuatnya bersendawa ketika sudah selesai menyusui. menggantikan popok setelah si kecil pipis atau BAB, termasuk memandikan si kecil.

Menenangkan Azka ketika sedang menangis juga termasuk membantu lho, sepulang kerja biasanya Azka saya ajak bermain, yah karena masih bayi, paling di ajak berbicara, di senandungkan lagu Lir – Ilir, shalawat dan menggendongnya keliling rumah.

Kata para ahli sih, ini dapat meningkatkan ikatan antara ayah dan anak.

Yang membuat hati istriku senang juga ketika saya membantu tugas-tugas rumah tangga lainnya, mencuci popok dan pakaian, piring, membersihkan rumah dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Intinya agar istriku bisa dapat istirahat yang cukup dan tidak mengalami baby blues.

Apalagi kami hanya tinggal bertiga dengan Azka, jadi harus pintar-pintar atur waktu dalam menemani buah hati kami.

Dan bulan Januari ini memasuki bulan ketiga Azka menikmati ASI Eksklusif. Kita lanjutkan yah mas Azka, hingga 6 bulan, tetap semangat istriku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *