Naik Delman di Setu Babakan, Jagakarsa

Diposting pada
Spread the love

Walau sudah sering bertamasya ke perkampungan budaya betawi Setu Babakan, Jagakarsa, si kecil seakan tidak ada bosannya mengajak ke sini. Kali ini kami menemani si kecil yang merengek ingin naik delman. Untung saja lokasinya hanya berjarak 15 menit dari rumah kami di Cipedak Jagakarsa.

Toge Goreng Setu BabakanTempat wisata budaya ini dapat menjadi tempat liburan alternatif bagi keluarga, apalagi yang ingin menikmati jajanan tradisional khas betawi, seperti kerak telor, laksa, toge goreng, bir pletok, gado-gado, karedok, atau yang ingin mencari souvenir khas betawi.

Asyiknya di lokasi ini tidak dikenakan tiket masuk, hanya perlu menyiapkan uang parkir kendaraan saja.

Lokasi Setu Babakan

Perkampungan Betawi Setu Babakan terletak di Jl. M. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tidak jauh dari kolam renang Batoe 54.

Untuk menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan umum, terdapat kopaja S 616 jurusan Blok M – Cipedak lewat Pasar Minggu yang melewati gerbang utama Bang Pitung.

Atau dapat menggunakan angkot 83 Lenteng Agung – Tanah baru, tapi angkot ini lewat pintu belakang, dan untuk menuju atraksi permainan perlu memutari setu/danaunya terlebih dahulu. Jaraknya lumayan jauh bila berjalan kaki.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online, dapat mencarinya di google maps atau aplikasi GPS map lainnya.

Atraksi Wisata

Karena sejak dari rumah Azka inginnya naik delman maka atraksi wisata yang dituju oleh Azka  kali ini langsung ke tempat naik kuda atau delman, padahal sebelum-sebelumnya ia takut dengan kuda. Tarif naik delman adalah Rp. 20.000 tapi tidak mengelilingi setunya.

Puas naik delman, sebenarnya ia ingin lanjut menikmati naik perahu naga ataupun sepeda air, sayangnya dua atraksi tersebut sedang istirahat makan siang (ketika sebelumnya ke sini, sempat juga naik perahu naga. Tetapi setelahnya pengurusnya istirahat ketika adzan dzuhur berkumandang.) Jadinya lanjut ke tempat permainan anak.

Selain atraksi permainan, sebenarnya banyak lagi yang dapat di jelajahi di perkampungan budaya betawi ini, mulai dari wisata alam, wisata budaya, atau wisata kuliner.

Mungkin lain kali bisa mengajak Azka untuk menjelajahi sisi lain perkampungan Betawi Setu Babakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.