Internet Banking Token

Pengalaman Ganti Token BCA dan Mandiri

Spread the love

Internet banking sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi kami sekeluarga, selain memudahkan untuk mengecek transaksi perbankan, juga transaksi pembelian seperti pulsa, atau ketika kehabisan PLN prabayar. Biasanya pengguna internet banking akan mendapatkan sebuah alat kecil yang biasa di sebut token.

Fungsi token adalah sebagai pengaman dan sekaligus sebagai sandi tambahan saat akan melakukan transaksi di internet banking.

Dan pagi ini aku mengalami dua pengalaman yang berbeda ketika harus berurusan dengan dua bank besar di Indonesia. Urusannya sama, meminta penggantian token untuk transaksi internet banking yang dihilangkan oleh anakku Azka.

Memang punya anak kecil yang mulai suka ngumpet ngumpetin barang sedikit merepotkan, kita harus ekstra hati-hati dalam menyimpan barang-barang yang penting. Sudah disimpan pun, terkadang si kecil masih saja dapat dimainkan oleh si kecil. Terkadang bukan hilang, hanya diletakkan di suatu tempat oleh si kecil setelah selesai dimainkan olehnya.

Suatu ketika ibunya pernah memergoki Azka membuang smartphone kepunyaan ayahnya. Dan sampai sekarang mouse wireless logitechku belum ditemukan. 🙁

Ganti Token/KeyBCA di Bank BCA Cilandak

Yang pertama aku datangi adalah BCA kantor cabang Cilandak KKO, masih cukup pagi sekitar pukul 9.00. Ada 4 meja customer service, tiga diantaranya sudah melayani customer. Satu lagi kosong, tapi gak berapa lama datang dari lantai 1.

Langsung dilayani dengan baik oleh customer servicenya. Sekitar setengah jam, token baruku sudah bisa digunakan. Itupun sudah termasuk melakukan update rekening, dan difoto. Menurutku sangat cepat pelayanan yang diberikan bank BCA.

Untuk syarat penggantian di BCA, cukup membawa buku tabungan, kartu ATM, dan KTP, pihak bank tidak menanyakan surat kehilangan atau dokumen-dokumen lain. Tiga dokumen tersebut sudah dianggap cukup untuk proses autentikasi.

Untuk penggantian token di BCA, dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000, dan itu akan didebet langsung dari rekening kita.

Ganti Token di Bank Mandiri Cilandak

Selesai di BCA, jalan ke Bank Mandiri di kawasan CCE (Cilandak Commercial Estate), sama dengan BCA, ada 4 meja Customer Service, tetapi dengan hanya 1 meja yang aktif.

Dan aku perlu menunggu setengah jam baru ada customer service kedua yang melayani di meja kedua. Padahal antrian sebenarnya tidak panjang.

Di Bank Mandiri, selain tiga dokumen seperti yang diperlukan oleh BCA harus melampirkan surat keterangan hilang dari polisi. Yang membuat aku belum bisa mengurus token mandiriku yang hilang. Walau hilang dirumah, tetap harus pakai surat kehilangan dari polisi.

Untuk biaya, Bank Mandiri mengenakan biaya Rp. 100.000 untuk penggantian token yang hilang.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas