Mencoba Resep Cilok Sederhana

Resep Cilok
Spread the love
2 menit untuk membaca

Nggak terasa sudah hampir sebulan Azka belajar dari rumah, dan ayahnya bekerja di rumah atau work from home (WFH) bahasa kerennya. Ayahnya Azka juga sering iseng cari cemilan untuk menemaninya bekerja.

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba membuat Cilok sendiri. Dikarenakan pedagang cilok yang biasa lewat di depan rumah sudah tidak pernah lewat lagi semenjak pandemi si Covid-19.

Mencoba Resep Cilok Sederhana 1

Dan alhamdulillah akhirnya dapat resep cilok dari teman yang tinggal di Bogor, @nuydia dikolaborasikan dengan resep cilok dari ibu @restuutamidewi.

Cilok? Makanan apa itu yah?

Cilok merupakan jajanan pinggir jalan atau street food tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya atau mempopulerkannya. Ada yang mengatakan cemilan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Nama Cilok sendiri dapat diartikan dengan aci yang dicolok.

Baca juga : Serunya Masak Sendiri di Raa Chaa Restaurant

Iya, jadi penyajian cilok biasanya dengan cara dicolok. Tekstur cemilan ini biasanya kenyal, bahkan jauh lebih kenyal dari bakso. Untuk penyajian biasanya disajikan dengan bumbu kacang. Walau ada beberapa pedagang yang menyajikannya dengan bumbu pedas, sambal atau kecap.

Beberapa pedagang ada juga yang menjual dengan cara di bakar, digoreng, atau diberi kuah yang mirip dengan kuah bakso. Dan masih banyak lagi variasi cara penyajian cemilan ini.

Cilok memang banyak macam dan variasinya, namun cara membuat ciloknya sendiri tidak jauh berbeda. Kalau tidak mau repot, di beberapa marketplace sudah ada yang menjual cilok berbentuk frozen food, lengkap dengan bumbu kacangnya.

Resep Cilok Bandung

Namun kali ini saya mencoba untuk membuat sendiri cemilan ringan dari Bandung ini. Dan ternyata mudah sekali membuatnya.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 250 gram tepung aci/tapioka
  • 125 gram terigu
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sendok teh gula
  • ½ sendok teh kaldu (saya suka gurih jadi pakai Totole Kaldunya agak banyak, 1 sendok teh)
  • 1 sendok teh garam
  • Daun bawang (optional)
  • 300 ml air

Langkah-langkah Membuat Cilok

  1. Ulek bawang putih hingga halus, lalu tambahkan gula, garam, dan kaldu sesuai dengan resep. Encerkan dengan air hangat hingga larut.
  2. Campur terigu, tepung tapioka, daun bawang, dan larutan bawang putih tadi.
  3. Tambahkankan air panas sedikit demi sedikit sambil di aduk perlahan-lahan menggunakan spatula hingga kalis dan mudah dibentuk.
  4. Masukkan kedalam air mendidih, rebus sampai mengapung
  5. Angkat dan tiriskan.

Setelahnya dapat disajikan sesuai dengan selera. Untuk bumbu kacangnya saya beli bumbu pecel yang sudah jadi. 🙂

Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *