Naik Bus di Kidzania Jakarta

Serunya Bermain dan Belajar di Kidzania Jakarta

By

Matahari bersinar cerah di minggu pagi ini. Jalanan Jakarta pun cukup lengang ketika kami mulai berangkat untuk bermain di Kidzania Jakarta di Pacific Place, SCBD. Mungkin karena long weekend dalam rangka 17 Agustusan.

Sebenarnya sudah lama kami ingin mengajak si kecil Azka main di Kidzania Jakarta. Apalagi ia sangat tertarik dengan wahana Pemadam Kebakaran. Pertimbangan umur dan tinggi lah yang menyebabkan kami menunda kunjungan kami ke tempat wisata ini.

Yups, beberapa wahana mempunyai persyaratan tinggi minimal 100 cm atau umur 6 tahun, termasuk wahana Pemadam Kebakaran yang sangat diminati oleh Azka. Tak terbayangkan bagaimana tantrumnya Azka bila ia tidak dapat bermain menjadi Pemadam Kebakaran.

Saksikan juga video ketika Azka bermain dan belajar di Kidzania Jakarta.

Sekilas Tentang Kidzania Jakarta

Apakah Kidzania itu? Kidzania adalah sebuah theme park untuk anak-anak. Berbeda dengan theme park lainnya, Kidzania Jakarta lebih mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan.

Bentuk theme parknya seperti kota yang sesungguhnya tetapi dengan skala anak-anak. Di kota ini anak-anak dapat bermain peran menjadi polisi, pemadam kebakaran, dokter, penari, pembalap, arkeolog dan profesi pekerjaan lainnya.

Kidzania Jakarta berada di lantai 6 gedung Pacific Place yang berada di Sudirman Central Business District (SCBD), tidak jauh dari Bursa Efek Indonesia dan Polda Metro Jaya.

Karena kemarin kami bertiga naik motor, parkir motornya ada di seberangnya Lobby Barat Pacific Place. Dan untuk di pagi hari sebelum pukul 10.00, pintu lobby yang sudah di buka adalah Lobby Timur. Gak terlalu jauh juga muter dari Lobby Barat ke Lobby Timur.

Harga Tiket Masuk Kidzania Jakarta

UmurSenin – Jum’atSabtu – Minggu
Batita ( 2 – 3 tahun)Rp. 50.000Rp. 100.000
Anak ( 4 – 16 tahun)Rp. 200.000Rp. 250.000
Dewasa (17 – 64 tahun)Rp. 150.000Rp. 200.000
Senior (65+)0*
Baca Juga  Rafting di sungai Cicatih/Citatih Sukabumi

*syarat dan ketentuan berlaku

Jam buka Kidzania Jakarta untuk hari Senin – Kamis mulai dari jam 09.00 – 16.00. Sedangkan untuk hari Jum’at – Minggu, dibagi menjadi dua sesi yaitu 09.00 – 14.00 dan jam 15.00 – 20.00.

Usahakan datang sebelum jam dimulainya setiap sesi. Kenapa? Misalnya kita sudah beli tiket untuk hari Minggu sesi pertama yang dimulai dari jam 9.00, lalu kita baru datang jam 12.00, tetap saja kita diharuskan keluar arena bermain jam 14.00.

Yang perlu diingat juga, kita tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dalam kemasan ke dalam arena bermain.

Setelah mendapatkan gelang khusus, boarding pass dan cek, kami pun memasuki arena Kidzania Jakarta. Cek yang didapat harus ditukarkan di Bank, Azka pun mendapatkan 50 Kidzos (mata uang yang digunakan di Kidzania).

Harga Tiket Masuk Kidzania Jakarta
Harga Tiket Masuk Kidzania Jakarta

Setiap anak akan mendapatkan tambahan uang bila bekerja, seperti menjadi pemadam kebakaran, polisi, arkeologi, dokter dan pekerjaan lainnya. Sementara mereka  harus mengeluarkan uang untuk naik bis, bikin SIM, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa establishment atau permainan yang Azka coba di Kidzania Jakarta :


1. Jadi Petugas Pemadam Kebakaran

Jadi Pemadam Kebakaran di Kidzania Jakarta
Azka jadi Pemadam Kebakaran

Seperti telah kami duga sebelumnya, permainan atau establishment pertama yang dituju oleh Azka adalah Fire Fighter (Pemadam Kebakaran), walau harus menunggu terlebih dahulu sekitar 20 menit. Kok lama?

Jadi setiap establishment/wahana atau tempat main di Kidzania mempunyai durasi, batasan umur, kapasitas, dan ekonomi. Untuk Pemadam Kebakaran, setiap permainan hanya dapat di ikuti maksimum 8 orang dan berlangsung selama 20 menit.

Tetapi jangan takut, setiap establishment memberikan “honor” yang berbeda.

Baca Juga  Karena Semua Butuh Proses

Setelah diberi pengarahan, anak-anak naik ke truk pemadam kebakaran menuju tempat terjadinya kebakaran.

Suasana riuh rendah ketika di tempat kebakaran mereka membantu memadamkan api yang membakar sebuah bangunan.

Selesai memadamkan api, para petugas pemadam kebakaran ini kembali ke Fire Station menaiki truk pemadam kebakaran sekalian berkeliling kota Kidzania Jakarta. Dan tentu saja dengan membunyikan sirene khas pemadam kebakaran.

Setelah selesai, setiap anak akan mendapat 1 kidzos.

2. Jadi Petugas Kepolisian

Jadi Polisi di Kidzania Jakarta

Selesai bermain menjadi petugas pemadam kebakaran, Azka pun memilih menjadi Polisi. Senangnya Azka bisa membaur dengan anak-anak lain yang lebih besar dari dirinya.

Ia biasanya pemalu dan sulit berbaur, apalagi dengan anak-anak yang belum ia kenal. Belajar berani yah mas..

Setelah antri dan menunggu giliran akhirnya Azka menjadi Polisi, tugasnya tentu saja adalah menangkap penjahat yang melarikan diri.

Ketika alarm penjara berbunyi, para polisi cilik ini berhamburan keluar dari kantor polisi. Mereka mencari penjahat yang melarikan diri di kota Kidzania, seru dan ramai ketika para polisi cilik ini berebutan menangkap dan memasukkan penjahatnya ke dalam penjara kembali.

Untuk establishment ini, Azka mendapat 5 Kidzos.

3. Membuat SIM

SIM dibutuhkan untuk dapat bermain di establishment Grand Prix, Kidzania Jakarta. Setiap anak harus memiliki SIM. Untuk membuat SIM, Azka harus periksa kesehatan terlebih dahulu. Mirip dengan cara pembuatan SIM sebenarnya.

Setelah selesai tes kesehatan, Azka pun melakukan foto dan cetak SIM. Untuk pembuatan SIM dikenakan biaya 20 Kidzos, dan tes kesehatannya sendiri 10 atau 20 Kidzos (sedikit lupa).

Selesai mendapatkan SIM, Azka dapat mencoba mengendarai mobil di area test drive. 🙂

4. Jadi Arkeolog

Setelah makan siang, kami pun melanjutkan permainan. Agak susah juga mencari permainan yang cocok untuk Azka. Setelah beberapa kali berkeliling kota, akhirnya kami sampai di establishment Archeological Site.

Baca Juga  Pengalaman Pasang Indihome Single Play

Kesukaan Azka pada Dinosaurus, membuat kami sedikit mudah membujuknya untuk mengikuti permainan ini. Akhirnya ia tertarik ketika kami beritahu nanti ia akan mencari tulang dinosaurus.

Jadi Arkeolog di Kidzania Jakarta


Ternyata selain arkeologi, anak-anak juga diberi pengarahan mengenai cacing, sesuai dengan sponsor establishment ini. Sayangnya situs penggaliannya ada di lantai 2, jadi kami tidak dapat mengambil gambar ataupun video.

Baca juga :
Serunya Main di Taman Legenda Taman Mini Indonesia Indah
Main Ombak di The Jungle Waterpark, Bogor
Main Air di Kolam Renang Tiga Dara

5. Grand Prix

Setelah sebelumnya menaiki bis yang berkeliling kota Kidzania, ini adalah establishment/tempat main terakhir di Kidzania yang diikuti Azka. Seteleh diberi pengarahan, anak-anak pun mengikuti balapan layaknya pembalap. Setiap balapan diikuti oleh 4 orang anak.

Seru sekali mendengar Azka bercerita setelah ikut balapan.

Waktu belum menunjukkan pukul 14.00, akhir dari sesi pertama di hari Minggu ini, tetapi Azka sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kebosanan. Alasannya karena lama bila mengikuti suatu establishment.

Iya juga sih. Perlu sedikit kesabaran untuk main di setiap establishment di Kidzania Jakarta. Berbeda dengan theme park lainnya yang hanya perlu antri untuk bermain di suatu wahana. Di Kidzania Jakarta, bila ingin bermain di suatu establishment biasanya akan di beri pengarahan terlebih dahulu.

Yang membuat kami sebagai orangtua senang adalah Azka dapat berbaur dengan anak-anak lain. Dan itu suatu kemajuan tersendiri untuk Azka.

Walau yang masih sulit diatasi adalah rasa bosan dirinya ketika berada di suatu tempat permainan.

Karena memang Kidzania Jakarta mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like