Serunya Main di Taman Legenda Taman Mini Indonesia Indah

Diposting pada
Spread the love

Sebenarnya sudah lama Azka ingin berkunjung ke Taman Legenda, Taman Mini Indonesia Indah. Dan baru bulan April ini kami berkesempatan untuk berwisata ke sini. Apa yang ingin dilihat di taman ini oleh Azka? Yups, Petualangan Dinosaurus yang menjadi daya tarik utama untuk berkunjung ke Taman Legenda, terutama anak-anak.

Waktu yang cocok untuk ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebenarnya adalah hari kerja (Senin – Jum’at), sebab kalau hari libur sudah dapat dipastikan akan padat. Seperti hari Minggu lalu ketika kami berkunjung ke Taman Legenda, kepadatan sudah di mulai dari antrian tiket masuk, dan di dalamnya padat sekali.

Bila dari pintu masuk utama, kita harus memutar terlebih dahulu, dan hari itu padatnya minta ampun. Banyak sekali acara di beberapa anjungan yang kami lewati.

Hotel Dekat Taman Mini Indonesia Indah

Harga Tiket Masuk Taman Legenda

Untuk masuk ke Taman Legenda, selain harus membayar tiket masuk ke TMII (Rp. 10.000 per orang), kita juga harus merogoh kocek cukup dalam bila ingin menikmati seluruh wahana di dalamnya.

Tiket Taman Legenda TMIITiket Per Wahana

Walau tiket masuknya sendiri hanya Rp. 25.000 (Rp. 15.000 untuk hari Senin – Kamis), tetapi kita harus membayar Rp. 50.000, sisanya untuk deposit yang dapat dikembalikan di akhir perjalanan.

Kita akan dapat gelang yang berisi saldo tiket kita, tetapi tiket ini di luar tiket untuk main di wahana-wahana yang ada. Bila ingin bermain di wahana-wahana lainnya kita harus top up terlebih dahulu di wahana yang kita kunjungi.

Kalau harga tiket per wahananya dapat di lihat di tabel berikut :

Nama WahanaHarga Tiket
Petualangan Dinosaurus30.000
Mata Legenda20.000
Nirwata Kisar20.000
Anak Tirta25.000
Bajak Laut15.000
Ulat Selur15.000
Kereta Beos15.000
Mobil Tanjak15.000
Museum Asmat10.000
Mobil Gowes15.000
Pojok Edukasi
Kuda Tunggang20.000
Pakan Ternak10.000
Andong30.000

Tiket All in One

Ada juga tiket All in One, tetapi yang pasti sih ini bukan tiket terusan seperti di Dunia Fantasi atau Jungle Land, karena hanya berlaku untuk 1 kali permainan di setiap wahananya, jadi kita tidak dapat menaiki wahana yang sama lebih dari satu kali. Kecuali kita melakukan top up saldo lagi.

Dan tiket all in one tidak berlaku untuk wahana Mobil Gowes, Pojok Edukasi dan Museum Asmat, artinya kita harus merogoh kocek lagi bila ingin menikmati tiga wahana tersebut.

Harga tiket all in one untuk hari Senin – Kamis adalah Rp. 120.000 dan untuk Jum’at – Minggu Rp. 150.000, untuk menikmati 7 wahana.

Ketika kami berkunjung, sedang berlaku promo 50% untuk tiket all in one, dan ada promo tiket masuk.

Wahana di Taman Legenda

Oh iya, ketika masuk ke taman legenda ini pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Yups, setiap tas akan diperiksa terlebih dahulu, dan bila diketemukan makanan dan minuman akan diminta untuk dititipkan terlebih dahulu.

Wahana di Taman Legenda

Ada sih Cafe Barong yang menjual makanan dan minuman, tetapi harganya lumayan mahal, tapi kalau sudah kehausan atau kelaparan ya mau tidak mau pengunjung akan membelinya juga.

Wahana yang ada di taman ini cukup banyak, dan cocok untuk anak-anak seusia Azka dan saudara sepupunya. Ketika pertama masuk, yang akan dijumpai adalah pohon yang dapat berbicara, letaknya di samping peta Taman Legenda. Ada apa saja di Taman Legenda? Berikut wahana yang sempat Azka kunjungi.

Mata Legenda

Bila dilihat, wahana ini mirip dengan wahana Bianglala yang ada di Dunia Fantasi. Catnya yang berwarna-warni sudah menarik mata kami. Sayangnya Azka tidak tertarik untuk menaiki wahana ini. Yang ada ia ngambek ketika sepupu-sepupunya menikmati mata legenda.

Padahal kita dapat melihat sekeliling Taman Legenda dan Taman Mini dari ketinggian lho dari wahana ini.

Mobil Tanjak

Wahana yang mungkin sedikit memacu adrenalin bagi anak-anak. Terbukti tiga krucil menikmati permainan ini. Wahananya sih sederhana, hanya mobil-mobilan yang berputar-putar di arenanya.

Ular Selur

Selain Mobil Tanjak, wahana mini roller coaster ini ternyata cukup menarik perhatian bagi Azka dan sepupu-sepupunya. Awalnya kami kira ia akan takut untuk menaiki wahana ini, tetapi ternyata ia asyik berteriak-teriak menikmati 3 putaran ular selur.

Tiga anak ini komplain ke ayahnya Azka karena kata mereka yang sebelumnya 4 putaran. 😀

Bermain di Taman Legenda

Bajak Laut

Wahana ini mengingatkan pada wahana Kora-Kora di Dunia Fantasi. Tidak ada yang berani naik wahana ini, akhirnya yang menikmati adalah ibunya Azka dan bunda Dara.

Kalau menurutku sih kurang memacu adrenalin, karena kurang tinggi ayunan dari perahu bajak lautnya. Soundtracknya Pirates of the Carribean pun diputar sepanjang wahana ini beroperasi.

Nirwata Kisar

Wahana berbentuk komedi putar / carousel, bedanya adalah wahana ini bertingkat dua. Seperti wahana lainnya, wahana ini dicat berwarna-warni, yang menarik perhatian anak-anak.

Dan ada spot cantik untuk berfoto di depan wahana ini.

Baca Juga : Main Air di Kolam Renang Batoe 54

Petualangan Dinosaurus

Azka di Taman Dino, TMIIIni dia wahana, yang menjadi tujuan utama Azka datang ke sini, apalagi kalau bukan Petualangan Dinosaurus. Di wahana ini kita seolah-olah di ajak melihat kehidupan dinosaurus di habitat aslinya, eh salah deh, seperti di kebun binatang.   v

Ada juga dinosaurus yang menyemburkan air segar ketika baru memasuki arena Petualangan ini, yang terkena akan basah jadinya.

Banyak spot yang bagus untuk berfoto, tetapi sayangnya si krucil-krucil agak susah untuk di ajak berfoto. Mungkin sudah ingin naik wahana lainnya.

Bagi yang ingin ketemu Dinosaurus, dapat mengunjungi Taman Legenda Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah.

Anak Tirta

Mini waterpark yang berada di dalam Taman Legenda. Seperti biasa, Azka langsung ribut ketika melihat kolam renang. Maunya main air saja.

Tetapi sayangnya Azka dan sepupu-sepupunya tidak membawa baju ganti, eh sebenarnya para orangtuanya yang tidak membawa baju ganti.

Sebenarnya sayang juga sih tiket all in onenya.

Taman Bunga Taman Legenda

Taman Bunga ini gratis untuk semua pengunjung. Ada pendopo lumayan besar dekat dengan Taman Bunga Taman Legenda ini, lumayan bisa buat tempat istirahat dan tidur-tiduran sebentar. Setelah lelah berkeliling menemani Azka.

Di depannya ada spot untuk berfoto bertuliskan I Love Taman Legenda. 🙂

Taman bunganya tentu saja bertema legenda Keong Mas. Ada beberapa patung yang menggambarkan kisah mbok Dadap dan Keong Mas. Hayo siapa yang masih ingat dongeng ini?

Pojok Edukasi

Pojok edukasi tidak termasuk di dalam tiket all in one. Ada tiga wahana di pojok edukasi ini yaitu memberi makan hewan, naik andong dan kuda tunggang. Untuk menikmati wahana ini, kita harus merogoh kocek lagi, sesuai dengan tarif tiket yang ada.

Ketiga krucil berkesempatan menaiki kuda tunggang. Tiketnya sebesar Rp. 20.000 untuk sekali putaran.

Museum Asmat

Sepertinya kami lupa untuk mengunjungi museum yang berkisah tentang salah satu suku di Papua, Asmat ini. Namanya museum, isinya pasti seni tradisional dari kebudayaan suku Asmat.

Sayang juga aku lupa untuk mengunjungi tempat itu.

Kereta Beos

Ini juga lupa untuk di naiki. Kereta yang dapat mengantar kita mengelilingi Taman Legenda. Kalau wisata dengan anak-anak memang terkadang kita gak fokus dengan tempat wisatanya.

Lebih fokus jagain tiga krucil yang selalu berlari-larian kesana kemari, tak kenal lelah. Takut hilang.

Dinosaurus Tunggang

Lupa nama wahananya, tapi yang pasti sih, Azka dan sepupu-sepupunya naik Dinosaurus bermotor baterai. Semacam mobil-mobilan yang menggunakan baterai, tapi berbentuk dinosaurus.

Hari Minggu yang penuh dengan keseruan, walau di akhir perjalanan Azka ngambek kembali karena tidak bisa berenang di Tirta Anak. Jangan lupa saksikan video kami yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.