Pengalaman Transfer Euro Dengan Octo Mobile

transfer valas
Spread the love
2 menit untuk membaca

Euro?

Jauh banget transfernya. Transfer Euro yang saya lakukan masih berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Selain transaksi dengan Thailand Baht, kantor tempat saya bekerja juga sesekali melakukan transfer ke group perusahaan yang ada di Eropa Timur.

Pengalaman Transfer Euro Dengan Octo Mobile 1

Mata uang yang digunakan adalah Euro.

Dalam kondisi normal, transfer biasanya saya lakukan melalui rekening giro perusahaan Euro di Bank Mandiri. Sama halnya ketika transfer Baht, beberapa dokumen pendukung diminta oleh Bank ketika kita melakukan transaksi valas, yaitu :

LOA, Cheque atau Giro perusahaan tempat saya bekerja memerlukan dua tanda tangan dari pejabat perusahaan yang berwenang. Direktur dan Manajer Keuangan.

Yang pada saat pandemi Covid-19 ini agak sulit didapat karena mereka selalu bekerja di rumah, alias Work From Home (WFH).

Maka sama halnya ketika melakukan tranfer Baht, untuk transfer euro kali ini saya minta ditranferkan dana ke rekening pribadi. Bedanya bila sebelumnya ke BCA, kali ini saya mencoba transfer melalui bank CIMB Niaga Syariah.

Baca Juga : Ketika Indihome Mengalami Gangguan

Octo Mobile

Octo Mobile by CIMB Niaga

Kenapa CIMB Niaga?

Octo Mobile adalah nama aplikasi mobile banking CIMB Niaga.

Beberapa hari sebelumnya saya menerima email mengenai fitur baru dari CIMB Niaga Octo Mobile yaitu bisa digunakan untuk transfer valas. Yang kepikiran adalah Asyik tidak perlu repot ke bank nih.

Langsung lah saya coba menggunakan untuk transfer valas ke rekening EURO.

Dan ternyata aplikasi ini…

  • Banyak pilihan mata uang. Selain EURO, kita juga dapat melakukan Transfer to Overseas Bank dengan mata uang USD, CAD, CHF, GBP, HKD, JPY, NZD, SAR, SGD, THB.
  • Kita harus memilih tujuan dari transaksi transfer valas yang kita buat. Dan pilihannya buanyak banget.
  • Informasi bank tujuan yang harus dimasukkan adalah Nama Bank, Kota Bank, Account Number, Account Name, Swift Code, IBAN Number (pilihan akan hilang bila bukan bank Eropa).
  • Biaya Korespondensi, ketika memilih mata uang Euro ada dua pilihan yang tampil yaitu Beneficiary dan Full Amount. Tetapi ketika saya lihat mata uang lainnya pilihannya berubah menjadi Beneficiary dan Sharing. Dan ada mata uang yang pilihan biaya korespondensinya hanya Beneficiary saja.
  • Sebagai ganti Surat Pernyataan Transfer Valas, maka saya harus mencentang box yang menyatakan bahwa transaksi valas yang saya lakukan tidak melebihi USD 25.000 dalam satu bulan.

Sebelum transfer valas dijalankan, aplikasi Octo Mobile ini akan menampilkan berapa yang akan didebit dari rekening kita.

Dan tentunya sesuai dengan kurs yang berlaku saat transaksi dilakukan.

Ternyata mudah sekali melakukan transfer valas dengan Octo Mobile. Yang pasti sih saya nggak perlu antri berlama-lama di bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *