Cara Menampilkan Random Post di WordPress

Cara Menampilkan Random Post di Wordpress 2

Catatan kali ini adalah cara menampilkan random post di wordpress, seperti di blog ini. Kalau ditanya alasannya kenapa ingin menampilkan postingan di blog ini secara random?

Karena eh karena dapat membantu user atau pembaca blog ini untuk menemukan artikel-artikel lama yang pernah kita buat. 🙂

Apabila kamu sudah menggunakan wordpress pasti sudah tahu bahwa wordpress akan menampilkan artikel kita secara urut dari yang terbaru sampai yang terlama. Dan sebagian besar pembaca tidak akan melihat artikel lama yang pernah kita buat.

Cara Menampilkan Random Post di Wordpress 3

Salah satu cara agar pembaca blog atau website dapat melihat artikel lama adalah menjadikan penggunaan  internal link di setiap postingan sebagai sebuah kebiasaan. Menampilkan internal link ke artikel lama di artikel baru akan membantu pembaca menemukannya. Selain itu kebiasaan ini akan meningkatkan skor SEO blog kita.

Baca juga :
Cara Membatasi Gagal Login di WordPress Self HostingGambar oleh 27707 dari Pixabay
Tabel Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org

Cara lain adalah dengan menampilkan artikel kita secara random/acak pada sidebar blog/website kita. Sehingga user dapat melihat artikel-artikel apa saja yang sudah pernah tampil di blog/website secara acak.

Cara mudahnya tentu menggunakan plugin yang banyak terdapat di website wordpress.org, antara lain Advanced Random Posts widget.

Cara Menampilkan Random Post di WordPress Menggunakan Kode

Tapi catatan kali ini adalah menampilkan random post di wordpress dengan menggunakan kode, kode ini aku dapat dari website wpbeginner.com. Jadi kamu harus menambahkan kode ke wordpress theme files.

  1. Masuk ke blog/website kamu dengan menggunakan user administrator.
  2. Pilih menu Appearance > Editor untuk menampilkan theme editor.
  3. Pilih file functions.php, lalu scroll sampai ke akhir kode. Lalu pasangkan kode berikut ini :
function wpb_rand_posts() { 
$args = array(
    'post_type' => 'post',
    'orderby'   => 'rand',
    'posts_per_page' => 7, 
    );
$the_query = new WP_Query( $args );
if ( $the_query->have_posts() ) {
$string .= '
';    while ( $the_query->have_posts() ) {        $the_query->the_post();        $string .= ''. get_the_title() .'';    }    $string .= '
';
    /* Restore original Post Data */
    wp_reset_postdata();
} else {
$string .= 'no posts found';
}
return $string; 
} 
add_shortcode('wpb-random-posts','wpb_rand_posts');
add_filter('widget_text', 'do_shortcode');
  1. Klik tombol Update File untuk menyimpan perubahan yang baru saja di buat.

Fungsi ini akan menampilkan lima artikel secara acak, bila ingin merubah jumlah artikel yang ingin ditampilkan, kita tinggal merubah jumlahnya pada line yang berisi kode ‘”posts_per_page’ => 5″ , ubah angka limanya menjadi jumlah artikel yang kita ingin tampilkan.

Kode ini dapat digunakan pada widget ataupun di dalam artikel. Yang perlu kita lakukan hanya menambahkan shortcode [ wpb-random-posts ] saja. (hilangkan spasi setelah [ dan sebelum ].

Mudah bukan, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

*